-->

A+ A-

Halamankepri@: Pulau Pengikik, Surga Kecil Indonesia yang Mengagumkan dan Terpencil di Tengah Lautan - Pernahkah Anda terpikir untuk menikmati waktu libur anda di sebuah pulau? Menikmati semilir angin dan teduhnya cuaca sambil memandang jauh cakrawala laut yang terbentang luas di depan mata. Selain keindahannya yang dapat memanjakan mata, bagi sebagian orang liburan di sebuah pulau juga bisa menenangkan pikiran dari segala rutinitas yang telah dijalani. Ada begitu banyak keunikan dari sebuah pulau yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

View pulau pengikik dengan hamparan laut seluas mata memandang
Pengikik Island atau juga populer disebut Pulau Pengikik adalah sebidang tanah/ daratan yang dikelilingi oleh hamparan laut nan luas, yaitu sebuah pulau kecil yang terdapat di dalam kawasan negara kesatuan republik indonesia (disingkat NKRI). Secara administrative saat ini pulau pengikik termasuk desa pengikik kecamatan tambelan, kabupaten bintan di provinsi kepulauan riau (disingkat KEPRI).

Secara geografis pulau terdekat dari pulau pengikik besar adalah pulau pengikik kecil, kedua pulau pengikik tersebut berjarak lebih kurang sekitar 38 mil laut jika dari pulau datu yang terdapat di wilayah kalimantan barat. Atau berjarak sekitar lebih kurang 54 mil dari pulau pejantan, dan kurang lebih 60 mil laut dari kota tambelan yaitu dimana terdapat bandar udara yang berada di pulau tambelan besar.

Keindahan dunia bawah laut pulau pengikik tidak perlu diragukan lagi, tanpa harus menyelam dan masuk ke laut dalam semua isi laut dangkalnya sudah terlihat dan mewakili hampir sebagian besar isi laut dalamnya. Ikan-ikan kecil seolah menari memamerkan liukan tubuh mereka, pada musim-musim tertentu gelombang ombak laut disini sangat tenang memberikan mereka kesempatan untuk berenang berkelompok dan mendekat ke wilayah tinggal manusia. Ikan-ikan berpadu dengan karang yang menawan menyugukan sebuah surga bagi para pecinta olah raga air, mancing mania, menyelam seperti snorkeling, free diving maupun scuba diving.
View pulau pengikik besar dengan pengikik kecil
Ketika berbicara tentang sebuah pulau, pasti yang kita bayangkan adalah sebuah lokasi yang berada di tengah laut dengan banyak ditumbuhi pepohonan rindang seperti pohon kelapa, cemara, hutan mangrove dan lain sebagainya. Beruntungnya ternyata di pulau pengikik hutan hujan seperti itu sudah tersedia sejak dahulu bagi anda penghobi hiking bisa mendaki perbukitan bahkan tidak hanya terumbu karang yang cantik, namun objek wisata pantainya juga sangat indah. Jika anda lelah maka anda bisa menikmati pantai lepas dengan laut sejauh mata memandang, biasanya inspirasi akan lebih mudah datang dengan nuansa seperti ini.

Pulau pengikik ternyata masih memiliki satu ciri khas yang lain, jika anda beruntung tiap malam, penyu langka seperi penyu hijau dan belimbing yang singgah ke pulau ini akan menetaskan telurnya di sepanjang pasir pantai nan lembut jadi bisa sebagai alternative destinasi wisata. Fasilitas penginapan seperti hotel, resort saat ini memang belum tersedia di pulau pengikik namun anda tidak perlu khawatir, masyarakat disini sangat ramah dapat memenuhi segala keperluan anda selama berada di sana.

Please play the video of the pengikik island that we have provided below by pressing the player button that is already available to watch:

Cara Menuju Pulau Pengikik
Untuk sampai di pulau pengikik anda harus menggunakan tranportasi laut, pulau pengikik termasuk pulau terpencil dapat di tempuh dari kota tambelan maupun dari sei durik yang terdapat di kalimantan barat (borneo).

 
Top