-->

A+ A-

Halamankepri@: Pulau Penjantan, Mengeksplor Potensi Keindahan Alam Tersembunyi di Indonesia - Semua orang di dunia ini punya mindset yang berbeda-beda soal traveling, ada yang lebih menyukai pilihan destinasi wisata murah tapi meriah supaya tidak jebol saku di kemudian hari, namun ada juga yang memilih sebaliknya. Mungkin anda salah satu orang yang pernah mengasingkan diri di saat musim liburan tiba menuju kawasan kepulauan badas, dan menjelajahi destinasi eksotis satu persatu disana seperti para turis asing. Anda akan merasakan bak hulubalang kerajaan karena menaklukkan sebuah pulau.

Ada begitu banyak obyek destinasi di kepulauan badas, tapi banyak juga yang belum familiar di telinga kita. Tetapi bukan berarti tempat-tempat tersebut tidak layak untuk dikunjungi. Boleh dibilang tempat-tempat tersebut merupakan hidden paradise tanah air kita. Sebut saja salah satunya pulau pejantan di kawasan kepulauan badas.

Pulau Pejantan 
Penjantan Island atau juga populer disebut Pulau Pejantan adalah salah satu daratan seluas lebih kurang 900an hektare dikepulauan badas yang terdapat di dalam kawasan negara kesatuan republik indonesia (disingkat NKRI). Secara administrasi saat ini pulau pejantan termasuk desa mentebung yaitu terletak di kecamatan tambelan kabupaten bintan yang terdapat di provinsi kepulauan riau (disingkat KEPRI).

Secara geografis pulau pejantan berjarak lebih kurang 60 mil laut dari ibu kota tambelan atau bandar udara yang terdapat di pulau tambelan, jika dari pulau borneo (sekarang kalimantan) berjarak lebih kurang 130 mil laut, 220 mil dari pulau bangka dan lebih kurang 280 mil laut pulau bintan.

Konon menurut kabar di pulau inilah dahulu pernah ditemukan black geyser oleh para peneliti institute of critical zoologists (ICZ) jepang, black geyser adalah sejenis mata air panas yang menyembur secara periodik, mengeluarkan air panas dan uap air ke udara. Menurut media electronic yang beredar, laporan yang di buat oleh tim peneliti yang dipimpin Dr Darrel Covman mengungkapkan bahwa ditemukan juga ratusan spesies keanekaragaman hayati baru di pulau penjantan. Bahkan menurut cerita masyarakat setempat, eksploitasi sumber daya alam di pulau pejantan juga pernah terjadi pada masa kolonial belanda. Hal ini dibuktikan dengan adanya goa di pulau pejantan, seperti bekas peninggalan jalur galian tambang mineral yang di duga bekas peninggalan belanda ataupun jepang.

Terlepas dari semua itu benar atau tidaknya... Jika anda ingin rehat dari hiruk pikuk perkotaan, berlayar ke pulau pejantan adalah pilihan menggiurkan. Sebab pulau ini masih belum begitu banyak dilirik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Meskipun demikian, Pulau pejantan menawarkan pemandangan hijau dari pepohonan rindang yang selaras dengan perairannya yang jernih memiliki warna tenang. Di pulau yang cantik ini tentunya traveler yang berkunjung dapat menikmati keindahan pantai yang masih sangat alami, hamparan pasir putih lembut, pohon-pohon hijau di pinggirnya, bukit menjulang. Anda tidak akan menyesal datang kepulau ini karena panorama alamnya sangat eksotis.

Pulau Pejantan populer juga sebagai pulau persinggahan karena letaknya yang berada di tengah-tengah kepulaun kalimantan dan sumatera. Bahkan nelayan atau pemancing mania kalbar yang suka mancing ikan terkadang mereka sampai kesini sangkin asiknya mencari ikan. Selain itu panorama bawah laut pulau pejantan masih sangat terjaga dengan adanya keanekaragaman terumbu karang dan biota laut menghiasi perairannya. Cocok banget untuk mereka yang hobi olah raga air seperti snorkling, free diving maupun scuba diving. Airnya yang jernih membuat kita bisa leluasa menikmati keindahan laut hingga kedalaman 10-15 meter.

Berikut dibawah ini kami lampirkan video tim wicked expeditions pulau pejantan serta taman lautnya disekitarnya, klik tombol play yang sudah tersedia untuk memutar atau menonton:

Berlibur di kepulauan tambelan dan menikmati keelokan pulau pejantan bisa menjadi agenda liburan anda dan teman traveler selanjutnya, ya kan. Bagaimana apakah sudah siap meluncur ke daerah ini?

 
Top