-->

A+ A-

Halamankepri@: Baru Pertama Kali ke Pulau Rupat? Inilah Destinasi Populer Yang Bisa Dikunjungi - Siapa yang tidak mengenal Selat Malaka? selat tersibuk yang memiliki peran stategis, sebagai rute utama jalur lalu lintas perdagangan dari wilayah india ke timur tengah dengan asia timur ke pasifik dan sebaliknya. Namun tahukah kamu di zona ekonomi ekslusif selat malaka ini terdapat banyak pulau-pulau yang kaya akan keindahan alamnya sebut saja salah satunya Pulau Rupat.

Menara Mercusuar Pulau Rupat

Rupat Island atau lebih popular disebut Pulau Rupat adalah daratan seluas kurang lebih 1.500 km2 yang merupakan salah satu dari 111 pulau terdepan/terluar yang terdapat didalam kawasan negara kesatuan republik indonesia (disingkat NKRI). Secara administrasi pulau rupat saat ini termasuk wilayah kabupaten bengkalis di provinsi riau, dimana terdapat kota pekan baru didalamnya.

Secara geografis pulau rupat terletak di perairan straits of malacca berjarak lebih kurang 2 mil laut chevron dumai dipulau sumatera, 19 mil laut dari pulau bengkalis dan berhadapan langsung dengan negeri jiran kita malaysia di selat malaka yaitu berjarak lebih kurang 26 mil laut di bahagian negeri sembilan melaka (Lihat gambar screenshot google map di bawah ini).
Pulau Rupat Indonesia diselat malaka gambar screenshot googlemap
Menjejakkan kaki di pulau rupat ibarat menengok dalamnya surga. Perairan laut selat malaka berpayung birunya langit membuat pulau ini menjadi destinasi favorit bagi banyak kalangan. Pulau rupat bukanlah sebuah pulau yang sudah sangat populer sepertimana maldaves di perairan laut samudera hindia, namun pulau yang letaknya hanya kurang lebih dua puluh enam mil laut dari negeri melaka ini juga mampu menghentikan nafas anda dengan keindahannya yang begitu mengasyikkan.

Lihatlah panorama pantai rupat dibagian utara terdapat menara mercusuar, dari atas ketinggian pemandangan 360 derajat dipuncak menara terdapat pantai yang memanjang dari timur kebarat dan berhadapan langsung dengan tanjung rusa di port dickson. Selain menawarkan pemandangan menawan, tentu saja ini akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Jika cuaca sedang bersahabat anda bisa melihat kapal-kapal internasional berlalu lalang melintasi sekitar pantai yang menghadap langsung dengan negeri jiran kita malaysia. Selain itu di pulau rupat lebih istimewahnya lagi adalah karena keindahan lautnya yang jernih, pantainya berpasir putih, ada banyak pantai yang sudah populer seperti: pantai makeruh, ada pantai alohong, pantai ketapang di desa sungai cingam, pantai lapim di desa tanjung punak, pantai rhu di desa teluk rhu.

Selain itu tidak ketinggalan juga diseberang pulau rupat, juga ada destinasi yang sudah familiar namanya yaitu pulau Beting Aceh. Di pulau yang tidak berpenghuni ini anda akan menyaksikan hamparan pasir putih nan luas. Aktivitas berenang, mencari umang-umang (ketam kecil dipasir laut) atau sekedar berjalan-jalan di tepian pantai, bersantai bersama keluarga di bawah rindangnya pohon pinus merupakan aktivitas yang dapat anda lakukan disini. Mungkin sebahagian wisatawan belum mengetahuai kalau pasir pantai beting aceh ini bisa berbisik di sentuh tangan. Selain itu pasir yang terdapat di pulau boting aceh ini juga berwarna putih sehingga menimbulkan nuansa yang sangat menawan.

Pulau Rupat selain populer dengan lautnya yang jernih, pantai berpasir putih juga dikenal memiliki banyak sugai yaitu: sungai senebak, sungai raya, sungai sair, sungai penonton, sungai rempang dan sungai nyiur. Lebar sungai ini berkisar antara delapan hingga lima belas meter dengan kedalaman 0,5 hingga 1,5 meter. Namun jika berbicara tentang wisata menyusuri sungai, maka belum banyak yang menyediakannya untuk wisatawan. Berikut dibawah ini halamankepri sajikan video pulau rupat, klik tombol play untuk memutar

Cara Menuju Pulau Rupat
Untuk menuju pulau rupat, wisatawan dapat menggunakan transportasi laut dari kota dumai yang juga termasuk kedalam wilayah provinsi riau. Terdapat beberapa pilihan transportasi laut yang dapat digunakan melalui pelabuhan laut dikota tersebut mulai dari perahu bermotor, speedboat serta kapal fery. Untuk jalur cepat menuju kota dumai terdapat bandar udara yang bernama Pinang Kampai, saat ini terdapat tiga rute aktif, baik dari dan menuju bandara pinang kampai yaitu dari jakarta halim perdana kusuma, batam hang nadim, medan kualanamu. Penerbangan ini dilayani tiga maskapai berukuran kecil seperi wing air, trans nusa dan pelita air.

 
Top