-->

A+ A-

Halamankepri@: Mengenal Pulau Berhala, Permata Biru Yang Tersembunyi Di Selat Malaka Indonesia - Diantara kita pasti pernah merasakan waktu berjalan begitu singkat. Tidak terasa tahu-tahu sudah memasuki akhir tahun, kalau akhir tahun seperti ini mending dilupakan dulu rutinitas serta tugas-tugas yang bisa membuat kepala tambah pusing. Lebih baik diisi dengan liburan bersama teman-teman dan keluarga. Mengigat daya tarik wisata sumatera utara tidak lepas dari pulau-pulau eksotis lainnya, setelah sebelumnya penulis website halamankepri ini meluncurkan destinasi pulau siba, pulau salahnamo, pulau pandan dan pulau lainnya, namun kali ini mari kita simak untuk mengenal pulau berhala dibawah ini:

Pulau Berhala di perairan selat malaka Indonesia
Berhala Island atau lebih popularnya disebut Pulau Berhala adalah salah satu daratan seluas kurang lebih 2,5 km2 yang terdapat di dalam kawasan negara kesatuan republik indonesia (disebut NKRI). Secara administrative saat ini pulau berhala termasuk kecamatan tanjung beringin, kabupaten serdang bedagai di provinsi sumatera utara (disingkat SUMUT).

Secara geografis pulau berhala terletak di perairan straits of malacca diapit oleh dua pulau yang lebih kecil sokong nenek dan sokong siembang yaitu berjarak lebih kurang 40 mil laut dari pulau pandang, 40 mil laut dari serdang bedagai atau sekitar kurang lebih 66,49 km dari pulau terdekat di negara tetangga kita malaysia.

Daya tarik wisata pulau berhala sebagai salah satu dari 111 pulau terdepan/terluar yang dimiliki NKRI ini tidak lepas dari pantai, tidak seperi pulau rondo. Pantai di pulau berhala menawarkan wisata pantai yang sejuk dan aman bagi wisatawan  yang ingin memanjakan diri bermain air di bibir pantai. Banyak wisatawan asing maupun lokal yang sudah menjejakkan kaki disini untuk menikmati liburan bersama keluarga, teman, sahabat ataupun gathering dari perusahaan. di bagian tenggara pulau berhala terdapat keunikan pantai yaitu ada pulau sokong nenek yang sudah popular jika air laut sedang surut akan tersambung dengan pantai pulau berhala dan sebaliknya jika air laut sedang pasang seakan terpisah.

Selain terkenal dengan pantai pasir putih dengan karakteristiknya yang lembut merupakan hiasan yang ditawarkan pulau berhala. Perairan lautnya dihiasi dengan gradasi warna biru muda di tepi dan biru tua pada bagian tengah. Pulau Berhala ternyata masih memiliki satu ciri khas yang lain, disana terdapat penangkaran penyu yang dapat dijadikan sebagai alternative destinasi wisata. Penyu merupakan hewan laut menyerupai kura-kura yang mempunyai 2 tungkai depan sebagai kaki pendayung yang menjadikan hewan ini tangkas saat berenang di laut.  Anak-anak dan orang dewasa pasti senang disini karena dapat melihat dan memegang penyu secara langsung, serta dapat menyaksikan penyu-penyu yang baru menetas dan cara memeliharanya.

Yang tidak kalah menariknya lagi terdapat pulau seimbang disebelah timur laut, berjarak sekitar kurang lebih limaratus meter dari pulau berhala. Wisata populer yang dapat dilakukan di pulau sokong seimbang ini adalah perjalanan memasuki gua, pulau seimbang memiliki ciri khas dengan gua-gua yang dimilikinya di kaki bukit. Gua tersebut tembus dari satu dinding bukit ke diding lainnya, sebahgian lubang dari gua-gua tersebut tergenang air sementara di bagian atasnya menjadi tempat bersarangnya burung walet.

Kekayaan alam lainnya yang dimiliki pulau berhala adalah keindahan terumbu karang bawah laut, cocok bagi wisatawan yang ingin melakukan snorkling diving yaitu olah raga menyelam, hampir seluruh perairannya ditutupi oleh terumbu karang dengan kondisi baik. Selain itu liburan di pulau berhala wisatawan dapat menemukan suasana pepohonan yang sangat teduh karena pohon-pohon di pulau berhala sangat besar dan rindang. Pohom besar seperti meranti, jelutung dan rengat yang  menghiasi pulau ini diperkirakan telah berumur selama ratusan tahun.

Pulau Berhala memiliki panorama yang memukau sangat indah dan eksotis, posisi menara mercusuar berada diatas puncak bukit. Sehingga untuk mencapainya dibutuhkan istirahat hingga beberapa kali saat pertama tiba disana. Namun usaha kamu berlelah-lelah menaiki anak tangga mercusuar akan terbalas dengan panorama alam disekitar pulau dari ketinggian. Dari atas tower mercusuar kamu akan mendapatkan pemandangan 360 derajat, kamu dapat melihat pulau sokong nenek dan pulau sokong seimbang di tengah lautan luas. Berikut di bawah ini kami sajikan video pulau berhala, tekan tombol play untuk memutar:

Pulau Berhala saat ini hanya dihuni dan di jaga secara bergantian oleh puluhan prajurit TNI dari satuan tugas pulau terluar (satgas puter) yang menjaga serta turut membantu melestarikan biota laut. Setiap pengunjung yang mengunjungi pulau berhala akan ada datanya sebagai pengunjung yang keberapa karena ada semacam dokumen yang diberikan.

Cara Menuju Pulau Berhala
Untuk sampai menuju pulau berhala pengunjung harus menggunakan transportasi laut selama lebih kurang tiga jam jika melalui pelabuhan tanjung beringin di kabupaten serdang bedagai provinsi sumatera utara. Perjalanan dapat dimulai dari berbagai pernerbangan seperti dari jakarta atau batam dengan tujuan pendaratan bandar udara Kualanamu (Medan). Maskapai penerbangan seperti: garuda indonesia, citilik, sriwijaya, batik air dan lion air biasanya melayani penerbangan dengan tujuan perdaratan bandara kualanamu, Kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan darat dengan tujuan pelabuhan tanjung beringin di serdang bedagai.

 
Top