-->

A+ A-

Halamankepri@: Pulau Pandang, Viralkan Keindahan Spektakuler dari Menara Api Navigasi - Tidak jauh dari kota medan, kamu bisa menemukan surga lainnya di selat malaka. Banyak wisatawan yang menjadikan liburan disini sebagai momen relaksasi bagi tubuh dan pikiran setelah sebelumnya lelah untuk semua rutinitas pekerjaan yang kita jalani. Selain itu, bagi sebagian pencinta travelling, pecinta alam tentunya rasa kurang lengkap jika belum menginjakkan kaki di pulau pandang untuk menikmati beragam keindahannya.

Pulau pandang sumatera utara Indonesia
Pandang Island atau lebih populer disebut Pulau Pandang adalah daratan seluas lebih kurang sepuluh ribu meter persegi yang terdapat didalam wilayah negara kesatuan republik indonesia (disingkat NKRI). Secara administrative pulau pandang termasuk kecamatan tanjung tiram, kabupaten batubara di provinsi sumatera utara (disingkat SUMUT). Secara geografis pulau pandang berjarak lebih kurang 28 mil laut dari pulau berhala, 5 mil dari pulau salah namo dan berjarak sekitar 15 mil dari lepas pantai kecamatan tanjung tiram.

Pulau yang berada di perairan laut selat malaka ini memang memiliki pemandangan yang tidak hanya cantik dan menarik saja, itu bisa dibuktikan dari banyaknya wisatawan yang berkunjung. Pesona alam pulau pandang memang bisa membuat banyak orang merasa betah dan tidak ingin pulang. Memang bukan hal yang berlebihan jika kita menyebut bahwa kawasan pulau pandang spektakuler memiliki kecantikan yang menggoda untuk dijelajahi sebab ada begitu banyak keindahan dan keunikan alam yang bisa pengunjung temukan dan nikmati di pulau indah ini.

Dirangkum dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, para wisatawan yang datang berkunjung disekitar perairan pulau pandang ini biasanya melakukan aktivitas berupa scuba diving dan kegiatan-kegiatan lainnya untuk mengamati kehidupan indah di bawah air. Setiap kegiatan yang mereka lakukan di pulau pandang langsung diunggah ke media sosial sehingga menjadi viral. Terutama para pemancing atau mancing maniac dan olahraga menyelam itu manjadi yang paling favorite untuk dilakukan.

Selain panorama bawah laut yang mengagumkan, disekeliling pulau pandang juga terdapat eksotisme pantai yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Misalnya, pantai yang menghadap pulau sumatera pantai pulau pandang ini membentuk teluk dengan ombak yang cukup tenang, sehingga sangat nyaman untuk diving maupun snorkeling. Sementara pulau pandang yang menghadap negara malaysia pantainya berpasir lembut putih sangat eksotis dengan beberapa bebatuan yang menghiasi tepian pantainya. Sedangkan pada bagian yang lainnya terdapat pantai didominasi batu-batu besar sangat kontras dengan beningnya air laut yang justru membuat kombinasi tersebut menjadi sebuah hal yang sangat menabjubkan.

Landscape di pulau pandang juga sangat cocok bagi kamu yang suka hiking atau berjalan kaki menyusuri keindahan alam bukit, bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa kamu rasakan pada saat libur di pulau pandang. Rasanya memang tidak boleh terlewatkan kegiatan melihat panorama pulau dari ketinggian, pengunjung yang datang biasanya menaiki menara api yang terdapat di puncak bukit pulau pandang. Dari atas menara api atau disebut mercusuar pulau pandang, wisatawan yang berkunjung bisa melihat pemandangan 360 derajat yang memberikan sensasi berbeda.

Selain pemandangan indah yang menawan dari atas menara suar, pulau pandang juga populer memiliki dua buah puncak bukit. Dimana disalah satu puncak bukit nya terdapat destinasi wisata populer lainya yaitu batu belah. Batu Belah di pulau ini sangat unik yaitu berbentuk persegi empat dan batunya benar-benar terbelah dengan rapi , seolah-olah batu belah ini dipotong dengan menggunakan teknologi modern. Klik tombol play dibawah ini untuk memutar Video pulau pandang:

Cara Menuju Pulau Pandang
Untuk sampai menuju pulau pandang sama halnya cara menuju pulau Salah Namo, yaitu pengunjung harus menggunakan transportasi laut yang dapat ditempuh melalui pelabuhan tanjung tiram di kabupaten batubara di pulau sumatera. Perjalanan dapat dimulai dari berbagai wilayah penerbangan seperti dari jakarta maupun kota batam dengan tujuan pendaratan bandar udara Kualanamu (medan). Lalu setelah mendarat di Kualanamu perjalanan selanjutnya menuju pelabuhan tanjung tiram batubara. Dari tanjung tiram perjalanan selanjutnya menggunakan transportasi laut menuju pulau pandang dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar dua jam tergantung cuaca dan speedboat yang digunakan.

 
Top