-->

A+ A-

Halamankepri@: Pulau Miangas, Kawasan Terdepan Eksotis & Strategis Yang Di Miliki Indonesia - Sudah sampai dimana saja Anda melakukan penelusuran Indonesia? Anda lebih menyukai perjalanan dengan tour keluar negeri atau berkeliling di dalam negeri sendiri?. Di sulawesi utara dikenal sebagai salah satu surganya wisata bahari misalnya anda bisa kunjungi kepulaun talaud, disana anda bisa menemukan cukup banyak pulau-pulau yang indah baik yang berpenghuni maupun pulau kosong tidak berpenghuni dan sunyi.

Dari sekian banyak pulau-pulau yang berada dalam kawasan kepulauan talaud anda juga dapat mencoba menjelajahi sebuah pulau yang bernama Pulau Mingas, Pulau ini merupakan pulau terluar/ terdepan indonesia yang langsung berhadapan diperairan negara tetangga.

Menara Mercusuar NKRI Pulau Miangas
Miangas Island atau lebih pupuler disebut Pulau Miangas adalah sebuah daratan kecil seluas lebih kurang 3,5 Km2 dikelilingi oleh perairan laut yaitu sebuah pulau yang terdapat di dalam kawasan negara kesatuan republik indonesia (NKRI). Secara administrative pulau miangas saat ini berada dalam wilayah desa/kecamatan khusus miangas di kabupaten kepulauan talaud, provinsi sulawesi utara (disingkat Sulut). Secara geografis letak Pulau Miangas di tepi samudera pasifik, atau lebih tepatnya berdekatan dengan negara tetangga Davao del Sur, Filipina dari pada ke Melonguane yang merupakan ibu kota kabupaten dari pulau tersebut yang berlokasi di Pulau Karakelang.

Meskipun kondisi geografisnya pulau miangas lebih dekat dengan negara tetangga filipino akan tetapi kebanyakan wisatawan menempuh jalur dari Kota Melonguane untuk sampai ke lokasi tersebut. Satu hal yang membuat orang ingin berkunjung kepulau perbatasan yang memiliki menara mercusuar ini adalah pesona alamnya yang memukau. Nyiur kelapa melambai indah di antara birunya langit yang terlihat begitu mempesona. Sementara hamparan air laut biru yang jernih seolah tidak memiliki batas, membentang luas dengan batas horison yang menhilang di cakrawala.

Keindahan pantai di pulau miangas memang tidak terelakkan, perairan laut yang jernih diberkati oleh tuhan yang maha kuasa. Takjub itulah kesan yang akan dirasakan saat  memandang bebas ke dalam bawah air dengan kaca mata snorkling yang menjadi perantara untuk menikmati keindahan tersebut. Barisan ikan berbagai spesies yang berlalu lalang di antara coral yang masih alami seakan menyambut wisatawan yang mengekplorasi kawasan bawah laut di pulau miangas. Saat kedatangan diatas dermaga saja, di pantai racuna misalnya ikan ikan yang berenang bisa terlihat dengan jelas, apalagi jika anda snorkeling.

Pulau Miangas bisa dikatakan sebagai kawasan yang sangat strategis bagi sebuah negara, hal tersebut menyangkut masalah wilayah kedaulatan yang sudah seharusnya wajib dijaga. Bayangkan jika sebuah pulau rusak tentu sangat berpotensi untuk tenggelam, jika seandainya itu terjadi dipulau miangas tentu perbatasan wilayah negara akan mengalami pergeseran.

Selain diatas didalam wilayah pulau miangas terdapat juga sebuah bangunan berupa check point Border Crossing Agreement (BCA) sebagai lokasi check pont berupa pintu masuk hubungan dagang antara Indonesia dengan Fhilipina. Akan tetapi setelah ditelusuri check point yang masih produktif sekarang ada di Pulau Marore di Sangihe.

Bagi anda yang hobbi menjelajahi wilayah eksotis sangat cocok, pulau miangas bisa menjadi tantangan tersendiri untuk anda. Bentang daratannya memang kecil, dari ujung keujung pulau bisa anda jelajahi selama dua jam hanya dengan berjalan kaki tetapi eksotisme yang ada dipulau ini masih terawat dengan baik.

Cukup banyak potensi wisata disini mulai dari wisata sejarah mengunjungi meriam peninggalan portugis yang sudah dikeramankan hingga menikmati suasana sepi pantai pasir putih. Dan ada juga tanjung wora yang populer dimana jika air laut sedang surut dapat dilalui dan jika air sedang pasang seakan terpisah dari daratan utama. Pulau miangas sangat cocok sebagai destinasi bahari dengan suasana perbatasan dengan penduduknya yang ramah akan menyapa setiap wisatawan yang berkunjung. Berikut tonton juga Video menara mercusuar pulau miangas yang kami lampirkan dibawah ini:

Dengan perairan laut pulau miangas yang sangat jernih hasil laut disinipun berlimpah, berbagai jenis ikan laut dapat anda temukan disini seperti ikan layar, ikan kulit pasir, cakalang, teripang/gamat, lobster, ada juga ketam kenari yang harganya lebih mahal dari lobster dan masih banyak ikan laut lainnya.

 
Top