-->

A+ A-

Halamankepri@: Pulau Lengkuas, Mengeksplorasi Tower Tua dan Keindahan Alam yang Memukau - Ada begitu banyak destinasi wisata menakjubkan di kepulauan belitung untuk dijelajahi, namun tidak mungkin bagi smart traveler untuk menjelajahi semuanya hanya dalam sekejap. Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan sebagai tempat hiburan sekaligus untuk merasakan segarnya atmosfer diwilayah pesisir adalah pulau lengkuas. Bukan hanya keindahan saja yang terekam, namun keajaiban alam yang menakjubkan selayaknya dicatat sebagai kekuatan alam.

Pulau Lengkuas
Lengkuas Islands atau lebih popukernya disebut pulau lengkuas memiliki daratan seluas kurang lebih 35 rantai/ rante persegi adalah salah satu pulau kecil yang terdapat di kawasan negara kesatuan republik indonesia (disingkat NKRI). Secara administrative pulau lengkuas saat ini berada dalam kawasan kecamatan sijuk kabupaten belitung di provinsi kepulauan bangka belitung (disingkat BABEL). Secara geografis pulau lengkuas berada ditepian selat gaspar yaitu dilepas pantai kelayang sebelah timur pulau belitung.

Pulau Lengkuas memang sudah menjadi salah satu destinasi wisata populer, terutama dikalangan para backpacker traveller. Selain karena murah, pulau lengkuas dikenal dengan keunikan dan keindahan alamnya. Pantai di pulau lengkuas ini memiliki sebuah bangunan yaitu berupa tower menjulang tinggi bekas peninggalan kolonial belanda yang sampai sekarang masih berdiri kokoh sejak tahun 1882. Konon tower ini digunakan kolonial sebagai mencusuar yang berpungsi memancarkan sinar isyarat pada waktu malam hari untuk membantu navigasi. Lihat gambar peta lokasi menara suar pulau lengkuas dibawah ini:
Peta lokasi tower menara pulau lengkuas @google map
Dari pulau-pulau yang ada disekitar kawasan pantai tanjung kelayang, mungkin pulau lengkuas yang menjadi primadonanya. Selain tower , menara mercusuar yang menjadi tujuan wisata, perairan jernih dengan gradasi warna yang memukau juga kaya akan keanekaragaman hayati serta terumbu karang manjadi sajian pemandangan yang ada di pulau ini. Keindahan taman laut dan dunia bawah laut juga menjadi salah satu pemicu dan menjamurnya aktivitas atau olahraga selam seperti snorkeling, diving, scuba diving dan lain-lain.

Selain keindahan bawah laut, pantai berpasir putih dengan birunya air laut yang jernih bakal bikin kamu betah selfie berkali-kali di pulau lengkuas. Tidak bisa dipungkiri memang, di pantai lengkuas kamu bisa berfhoto menarik buat instagramable dengan latar belakang mercusuar yang menjulang atau dengan latar belakang laut dan pantai serta bongkahan bebatuan dengan beragam formasinya yang eksotis. Kamu bisa menjelajahi pulau meniti batu-batu di sekitar pantai untuk mencari spot foto terbaik ditempat ini. Pulau lengkuas juga merupakan destinasi wisata yang cocok banget buat pasangan yang ingin berbulan madu. Klik tombol play untuk memutar Video pulau lengkuas di bawah ini

Cara Menuju Pulau Lengkuas
Pulau lengkuas terletak kurang lebih 4 mil dari pantai tanjung kelayang dapat ditempuh 30 minit menggunakan perahu, jarak tempuh dari kota tanjung pandan ke tanjung kelayang sekitar 45 minit sampai dengan 1 jam perjalanan. Jika anda memulai perjalanan dari kota-kota besar seperti jakarta, batam, palembang, maupun pangkal pinang, anda dapat menggunakan jasa airlines terlebih dahulu dengan tujuan flying mendarat di bandar udara H.AS. Hanandjoeddin tanjung pandan di pulau belitung. Tanjung Pandan adalah kota terbesar di kepulauan belitung yang sudah ada dua armada ojek online yaitu grab dan gojek juga banyak tersedia restoran dan hotel untuk menginap disini.

 
Top