-->

A+ A-

Halamankepri@: Mengenal Pulau Jemur di Kawasan Perairan Kepulauan Aruah Indonesia - Inilah Pulau Jemur, sebuah pulau di kawasan kepulauan aruah (Aruah Islands) atau juga populer disebut-sebut sebagai kepulauan Arwah. Sebenarnya kawasan tersebut dinamakan kepulauan aruah, pasalnya tidak hanya pulau jemur yang terdapat dikawasan tersebut. Terdapat kurang lebih belasan buah pulau disana yang masing-masing pulau memiliki karakteristik sendiri. Selain pulau jemur terdapat pulau lain di antaranya, pulau batu mandi, pulau pertandangan, pulau batu berlayar, pulau batu adang, pulau tokong mas, pulau labuhan bilik, pulau tokong pucung, pulau tokong simbang dan lain sebagainya.

kepulaun jemur
Jemur Island atau disebut Pulau Jemur adalah salah satu pulau kecil kurang lebih seluas 250 Ha yang merupakan pulau terluas diantara pulau-pulau kecil lainnya di Kepulauan Aruah. Secara administrative saat ini kepulauan aruah merupakan bagian dari Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau yang terdapat didalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan secara geografis perairan kepulauan aruah merupakan kawasan terdepan indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga malaysia di selat malaka.

Tertarik melakukan penjelajahan di pulau jemur? Jika anda menginginkan liburan eksotis maka berkunjung ke pulau jemur adalah pilihan terbaik, sebagai salah satu tempat wisata yang memiliki keistimewaan cukup unik menjadi bagian keajaiban alam yang memukau. Ada begitu banyak objek wisata bahari yang ditawarkan pulau eksotis ini, bisa menjadi acuan destinasi. Soal pemandangan, anda tidak perlu meragukan, pantai di pulau jemur masih memiliki suasana amat alami dengan pesona pasir pantai, batuan terjal, sunrise, bahkan terdapat  pantai berpasir kuning keemasan dan sebagainya. Jika ingin merasakan pasir pantai bertekstur koral anda dapat turun kearah pantai utara pulau jemur.

Selain air laut yang jernih dengan gradasi warna biru yang memukau, taman laut dan dunia bawah laut perairan pulau jemur juga kaya akan keanekaragaman hayati serta terumbu karang. Di samping itu pulau jemur juga menjadi tempat persinggahan oleh spesies penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur, satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 bahkan sampai 150 butir dalam setiap ekornya. Selain untuk berwisata pulau ini dapat dijadikan sebagai pusat edukasi penangkaran penyu.

Selain itu di pulau jemur ada beberapa situs peninggalan sejarah yang masih terjaga kelestariannya hingga sekarang. Diantaranya rumah peninggalan belanda juga terdapat beberapa  potensi wisata lain diantaranya adalah goa jepang, menara suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan jepang, batu panglima layar, batu petir dan sebagainya. Sementara itu nama pulau jemur lekat dengan istilah 'pak-ku' yang dalam bahasa hokkian berarti penyu dari utara. Istilah "pak-ku" hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau.

Di pulau jemur tidak begitu ramai, tapi kenyamanan yang sesungguhnya akan anda temukan disini. Untuk mencari suasana yang tenang jauh dari hiruk pikuk keramain kota. Dengan menggunakan perahu nelayan, island hopping ke arah pulau labuhan bilik yang tepat berada didepan pulau jemur. Pasir pantai di pulau labuhan bilik memiliki tekstur yang lembut. Selain itu juga terdapat sebuah sumur air tawar yang sangat jernih. Dari pulau labuhan bilik, jika ingin melihat kehidupan biota bawah laut gugusan kepulauan aruah, kita bisa snorkling dikawasan pulau batu berlayar. Berikut dibawah ini halamankepri lampirkan Video kepulaun jemur, klik tombol play untuk memutar:


Cara Menuju Pulau Jemur
Akses menjadi salah satu pertanyaan penting buat para travelers yang ingin berkunjung ke pulau jemur. Pulau jemur terletak lebih kurang 45 mil dari ibukota kabupaten rokan hilir, bangansiapiapi dan 45 mil dari negara tetangga yaitu malaysia. Untuk mencapai pulau jemur pengunjung dapat memulai perjalanan dari pekan baru riau menuju ke Pelabuhan Bangan Siapi-api di kabupaten rokan hilir dengan menggunakan kendaraan umum atau tranportasi umum seperti travel. Untuk kenyamanan berwisata, pengunjung juga bisa rental mobil dari daerah tempat tinggal anda. Setelah itu perjalanan di lanjutkan dengan menyeberangi perairan menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

 
Top