-->

A+ A-

Halamankepri@: Pulau Buluh, Mengeksplor Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya - Kota Batam memiliki banyak destinasi wisata dari resort, hotel, pusat-pusat perbelanjaan mall dan yang unik dan edukatif untuk dikunjungi. Baik wisata bersama teman maupun keluarga. Untuk mencoba wisata yang unik, yuk cobain datang ke Pulau Buluh.

Buluh Island atau juga disebut Pulau Buluh adalah nama sebuah pulau berukuran kecil yang terdapat didalam kawasan negara kesatuan republik indonesia, yaitu tepatnya berada didalam area kecamatan bulang, kota batam diprovinsi kepulauan riau. Seiring berjalannya waktu dan pesatnya pembangunan di wilayah kota batam dari masa kemasa manjadikan pemekaran desa-desa terus bertambah banyak, dan pulau buluh secara administratif saat ini berada didalam kelurahan/desa pulau buluh. Area kelurahan atau desa ini meliputi beberapa pulau didalamnya yakni, pulau buluh, pulau teluk sepaku, pulau bulat, pulau boyan dan pulau tengah.

Pulau buluh berlokasi disebelah baratnya pulau batam, untuk mencapai pulau buluh harus menyeberang laut dari pelabuhan rakyat sagulung tanjung uncang menggunakan kapal motor dengan lama perjalanan kurang lebih sekitar 15 minit. Ketika sampai di pulau buluh kita akan disuguhi pemandangan hamparan laut yang sangat indah kapal yang berjejer rapi disepanjang dermaga, deretan rumah-rumah penduduk yang berstruktur panggung mengelilingi pulau.

Dengan luas kurang lebih sekitar 5,5 kilometer persegi pulau buluh tergolong padat penduduk dihuni 800an lebih kepala keluarga yang berasal dari berbagai suku yakni melayu, flores, cina, minang, jawa, batak, bugis dan banjar hidup berdampingan dengan rumah panggung yang padat mengelilingi pulau.

Sama halnya pulau penawar rindu dan pulau sambu, pulau buluh juga menyimpan banyak sejarah masa lalu yang dapat kita telusuri bersama. Dahulunya pulau buluh adalah sebuah tepian strategis yang merupakan tempat lalu lintas kapal dari singapura menuju ke pulau bintan. Semacam sentral dagang setiap pekan penghulu-penghulu di pulau-pulau sekitar membeli kebutuhan sehari-hari ke pulau buluh.

Gambar saat acara cap gomeh vihara samudra bhakti pulau buluh

Rekam jejak sejarah dan keberadaan di masa silam masih tersimpan sampai saat ini di pulau buluh. Bangunan vihara samudera bhakti yang sebelumnya bernama rumah beribadatan toa pekong. Bangunan yang didirikan pada tahun 1880 letaknya tepat dipesisir laut pulau buluh, bahkan vihara ini mempunyai dermaga khusus dan ruang untuk beristirahat yang khusus digunakan oleh pengunjung.

Selain vihara terdapat pula sebuah masjid tua yang dibangun pada tahun 1872, masjid tersebut bernama masjid tua jami nurul iman. Masjid jami' nurul iman ini sudah berusia di atas seratus tahun. Dari penuturan warga sekitar, rumah ibadah umat islam yang berada di pulau buluh ini diperkirakan berdiri pada tahun 1872.

Dan ada juga terdapat sumur tua yang pada masa dahulu dijadikan sumber air tawar bagi warga setempat selama beratus tahun silam. Sumur tua ini sedalam tujuh meter yang masih dapat dideteksi jejaknya sampai sekarang di pulau buluh, sumur tua berdiameter 1,5 meter yang terbuan dari susunan batu ada juga bata berlabel batam, sebuah produksi pabrik ternama di asia yakni batam brick works yang dibangun oleh raja ali kelana pada 26 juli 1896.

 
Top