-->

A+ A-

Halamankepri@: Mengenal Pulau Karas di Wilayah Perairan Kepulauan Kota Batam - Karas Island atau juga disebut pulau karas adalah salah satu pulau kecil seluas kurang lebih 480 Ha yang terdapat didalam negara kesatuan republik indonesia, secara administrative pulau karas berada di dalam kawasan pemerintah kota batam yaitu diprovinsi kepulauan riau dan secara geografisnya perairan pulau karas, pulau galang diselatan pulau tanjung dahan dan utara pulau pangkil. Pulau-pulau lain juga terdapat disekitar seperi: pulau anak karas, pulau mubut, mubut darat dan masih banyak lagi.

Pulau karas batam di provinsi kepulauan riau
Gugusan pulau-pulau tersebut termasuk pulau karas juga memiliki keunikannya masing-masing, serta keindahan panorama alam yang berbeda-beda pula. Oleh karena pesonanya yang sangat indah tersebut, saat ini beberapa pulau disekitar perairan pulau karas dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai destinasi wisata yang kemudian juga jadi sangat terkenal dan fenomenal hingga ke mancanegara.

Masyarakat sekitar sangatlah sadar kalau pulau karas yang mereka huni menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Dengan tingkat kepadatan penduduk masyarakat pulau karas yang mencapai lebih kurang 2500 jiwa dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah setiap tahun. Masyarakat pulau karas sangat menjaga sisi keamanan wilayahnya, mereka sudah menyadari jika pariwisata adalah aset berharga bagi daerahnya sehingga keamanan adalah modal untuk mendapatkan kepercayaan wisatawan. Masyarakat juga terkenal ikhlas membantu wisatawan saat mereka mengalami kendala termasuk ketika tersesat. Walhasil kekompakan masyarakat inilah yang membuat pulau karas asik sebagai destinasi liburan.

Wisatawan yang berkunjung dapat berkendaraan dengan aman mengelilingi pulau karas. Tidak perlu waktu seharian untuk berkeliling. Menggunakan sepeda motor dengan kecepatan sedang bisa membuat anda menyaksikan alam disekitar pulau karas. Pohon kelapa yang menjulang tinggi diantara rumah-rumah penduduk, pantai dan terumbu karang dengan ikan berwarna cemerlang serta kehidupan laut eksotis lainnya. Pulau karas mempunya pantai berpasir putih yang bersih dan juga karena letaknya menghadap kelaut yang luas, menjadikan pantainya dilanda ombak yang menarik lumpur dari pasir pantainya.

Mengenal Pulau Anak Karas
Banyak obyek pariwisata lainya yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung kepulau karas, salah satunya terdapat pulau anak karas kecil dari pulau karas diseberang lautan tampak pulau anak karas jaraknya sekitar hitungan minit saja dari pulau karas. Keindahan pulau anak karas memang megelenda sangat ideal menjadi destinasi wisata. Udaranya dipenuhi dengan oksigen yang sangat segar. Tidak hanya itu, lokasinya tenang dan indah, siapapun yang datang dijamin akan mendapatkan kesan berbeda. Ada dapat menyaksikan tayangan video pulau anak karas dibawah ini:


Pulau anak karas sangat tepat untuk melepaskan penat, memiliki pantai pasir putih yang sangat luas. Tempat yang masih alami ini ditumbuhi pepohonan yang lebat dan dibagian pantainya ditumbuhi pepohonan kelapa yang menjulang tinggi, sehingga suasana terasa sejuk dan asri. Pulau anak karas ini termasuk favoritn para wisatawan akan keindahan dan lembutnya pasir pantai yang cukup luas. Banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan bersnorkling, diving, mancing, menikmati matahari terbit dan terbenam dan permainan pantai lainnya. Masyarakat sengaja membangun fasilitas di tempat ini dengan memanfaatkan bahan-bahan yang alami agar kelestarian  tempat ini tetap terjaga, misalnya saja jalan atau gubuk-gubuk kecil yang masih dibangun menggunakan kayu.

Cara Menuju Pulau Karas
Sama halnya dengan pulau-pulau lain yang ada di kawasan kepulauan riau, untuk menuju ke pulau karas dibutuhkan tranportasi laut. Kalau dari kota tanjung pinang bintan kita bisaa memulai perjalanan dari pasar menuju pelantar KUD biasanya jadwal berangkat kapal laut dari sini sekitar pukul sebelas. Jika perjalanan di mulai dari nagoya pulau batam bisa lebih dulu naik Bus Damri yang rutenya menuju sembulang, sesampainya di pelabuhan rakyat sembulang dapat dilanjutkan dengan kapal laut menuju pulau karas.

 
Top