-->

A+ A-

Halamankepri@: Mengenal Pulau Tunjuk Di Perairan Bagian Sebelah Tenggara Pulau Batam - Menghabiskan liburan di tempat-tempat yang nyaman tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang, baik untuk melepas penat dari rutinitas padat atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga. Maka tidak mengherankan, jika liburan menjadi saat-saat yang dinantikan oleh banyak orang.

Meski sudah banyak informasi diperoleh, namun terkadang untuk menentukan destinasi liburan cukup membingungkan, karena setiap tempat memiliki keindahan dan keunggulan tersendiri. Jika ingin suasana alam yang lebih tenang jauh dari pusat keramaian kota, sebagai salah satu alternatif tempat liburan cobalah berlibur di desa subang mas, desa subang mas memiliki beberapa pulau kecil yang masih alami, seperti pulau tunjuk.

Pulau tunjuk diperairan kota batam
Tunjuk island atau juga populer disebut pulau tunjuk adalah daratan seluas kurang lebih sekitar 15 hektare yang di kelilingi oleh perairan laut didalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Secara administrasi pulau tunjuk merupakan bagian dari wilayah kelurahan/desa subang mas yang masih termasuk didalam kecamatan galang, kota batam di provinsi Kepulauan Riau (KEPRI), Geografis tepatnya yaitu di perairan sebelah bagian tenggara pulau batam, berseberangan dengan pulau subang mas.

Pulau Tunjuk bukanlah hanya sekedar pulau kosong yang tidak berpenghuni, pulau ini berpenghuni namun hanya ditempati oleh beberapa kepala keluarga saja. Pelabuhan pulau telunjuk sangat terawat, terdapat rumah ibadah berupa masjid dan beberapa rumah penduduk yang tinggal di sana. Bahkan terdapat instalasi menara suar milik direktorat jenderal perhubungan laut, distrik tanjung pinang. Sumber tenaga listrik yang ada di pulau telunjuk berupa tenaga surya disetiap bangunan, lingkungan jalannya juga cukup bersih tidak ada sampah, sehingga kita dapat menikmati panorama alam dengan senang hati.

Pohon buah-buahan tumbuh subur disini, sumber protein hewani juga berlimpah, jadi tidak mengherankan kalau pulau tunjuk menjadi incaran penghobi olah raga memancing, sampai ada kamar-kamar yang disewakan bagi mereka. Kawasan perairan pulau telunjuk dan sekitarnya tempat favorit untuk memancing baik coral fihing maupun troling dan ombak pun cukup tenang. Coral fishing yaitu memancing menggunakan tehnik paling mudah, memancing sambil menikmati pemandangan pulau telunjuk dari laut. Cocok bagi pemancing pemula, trolling fishing yaitu memancing ikan besar seperi ikan tongkol, tuna, nila dan jenis ikan besar lainnya menggunakan umpan hidup dan buatan. Tetapi dapat tidaknya ikan semua tergantung nasib dan kemampuan tehnik memancing.

Meski pulau kecil dan belum terlalu populer popularitasnya, namun pulau tunjuk bisa sebagai alternatif destinasi wisata pantai di kawasan kota batam yang patut direkomendasikan. Selain menikmati pantai di pulau tunjuk ini, pengunjung juga dapat merasakan kesegaran udara yang ada disekitar pantai, pasir putih dengan perairan jernih hijau kebiru-biruan, suasana menenangkan dan budaya menarik bagi wisatawan yang berkunjung. Konon pantai di pulau tunjuk ini bisa berubah-ubah bentuk seperti di pulau beralas pasir yang terdapat di kawasan kepulaun bintan, perubahan bentuk pantai ini bisa disebabkan oleh arus air laut dan arah mata angin.

Tonton juga video pulau tunjuk yang kami sajikan di bawah ini dengan mengklik tombol play untuk melengkapi pengetahuan sebelum melakukan perjalanan wisata selanjutnya.

Untuk mencapai pulau tunjuk perjalanan bisa diawali dari nagoya pulau batam, dilanjutkan menuju pelabuhan rakyat telaga punggur atau menuju  pelabuhan rakyat pulau buton di jembatan II barelang sebelah kiri. Selanjutnya dari pelabuhan rakyat tersebut kita harus menyeberang laut dengan mencarter pancung atau pompong (sampan bermesin) dengan harga bervariasi alias nego, pancung atau pompong disini biasanya bisa dimuat minimal 6 - 8 orang penumpang atau bisa juga lebih tergantung ukuran.

 
Top