-->

A+ A-

Halamankepri@: Kuliner Legendaris Khas Natuna Yang Unik Dan Variatif - Bicara soal kuliner adalah satu hal yang sangat menyenangkan, apa lagi kita dapat menikmati berbagai ragam jenis makanan dan rasa yang berbeda-beda disetiap daerah yang sebelumnya tidak pernah kita kunjungi. Rasa penasaran akan hal-hal spesial kerap muncul, membuat kita ingin mencoba menelusuri segala hal yang ada didaerah tersebut. Selain destinasi alam yang berlimpah, natuna juga memiliki daya tarik tersendiri dibidang kuliner yang sudah melegenda di masyarakatnya.

Kebanyakan kuliner khas tradisional masyarakat natuna tentunya tidak bisa terlepas dari bahan baku lokal yang banyak terdapat di daerah tersebut misalnya seperti hasil laut dan sagu. Indonesia memang dikenal kaya akan ragam macam kebudayaannya, setiap daerah memiliki makanan khas yang kaya akan citarasa berbeda antara satu dengan lainnya. Beberapa makanan khas tradisional daerah ini tentunya sudah melegenda ditengah-tengah masyarakat, diwariskan secara turun temurun dari generasi kegenerasi sejak dahulu hingga sekarang.

Bagi sebahagian orang yang berwisata kenatuna di pulau bunguran, akan terasa kurang lengkap tanpa mencoba makanan khas daerah tersebut. Bayangkan saja, tentu sangat lengkap rasanya saat kita traveling kesuatu daerah bisa mencicipi makanan khas daerah yang kita kunjungi, jadi sembari traveling sekaligus berwisata kuliner. Berikut dibawah ini edisi halamankepri@ merangkum beberapa kuliner khas daerah natuna yang sudah legendaris sampai sekarang:

Kernas
Kernas atau juga kadang disebut kasam ini adalah sejenis nungget yang terbuat dari ikan tuna  atau tongkol segar hasil tangkapan laut natuna yang dihaluskan dengan campuran bahan khusus yaitu sagu butir. dimana sagu butir ini disebut juga sagu lemak oleh masyarakat melayu setempat.

Kernas
Nugget asli natuna ini akan asik dan nikmat jika di makan selagi hangat. Kernas asli natuna ini rasanya enak dan gurih. Bentuknya berkeping-keping dan terdapat buliran sagu didalam maupun permukaannya. Biasanya disajikan sebagai makanan ringan dan dicocol saus rasa segar dan pedas.

Latoh Silong
Jangan salah mengartikan, latoh silong bukan masakan tetapi makanan khas yang berasal dari tumbuh-tumbuhan laut natuna. Makanan satu ini mungkin terlihat aneh bagi yang belum pernah melihat sebelumnya, karena makanan ini disajikan dalam bentuk mentah sama seperti shashimi jepang.
Latoh Silong
Makanan satu ini berasal dari tumbuhan laut yang di sebut latoh atau anggur laut. Latoh silong biasanya disajikan dengan sambal sederhana cabe hijau untuk menambah nikmat ketika kita makan latoh silong natuna. Dipercaya sangat baik untuk kesehatan karena berasal dari tumbuhan alami yang kaya akan manfaat.

Tabel Mando
Tabel mando atau juga kadang disebut tipeng mando, bahkan oleh sebahagian anak-anak muda sekarang ada yang menyebutnya pizza natuna.Tabel mando berbentuk bulat pipih layaknya pizza bergaya italia.
Tabel Mando
Bahan utama makanan khas natuna tabel mando dari sagu bulir dan seafood tidak kalah lezat dari pizza. Bahan campurannya bisa berupa ikan tongkol, tuna, kepiting atau gurita. Serta tambahan dengan kelapa muda yang di parut dan bumbu-bumbu halus disajikan dengan sambal khusus.

Lakse
Lakse atau laksa adalah makanan tradisional yang menjadi ciri khas daerah kepulauan natuna, anambas bahkan seluruh pulau yang ada di kepulauan riau. Makanan khas melayu ini bertekstur kenyal, bening berdiameter lebih tebal dari pada mie.

Makanan khas natuna ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu dengan campuran ikan tongkol serta ikan teri dan rempah-rempah. Laksa biasanya disajikan dalam bentuk kuah dan goreng, memiliki rasa yang sedap, gurih dan mantap.

Pedok
Pedok atau juga disebut pedek ada juga istilah calok/ cancalok adalah makanan olahan sejenis sambal salah satu makanan khas natuna juga dapat di temukan di kepulauan anambas. Yang terbuat dari ikan yang di defregmantasikan. Rasa khasnya adalah rasa ikan dan rasa asin.

Lain-lain
1) Nasi Dogong atau nasi dagang adalah salah satu makanan khas natuna.
2) Kuah Tiga adalah makanan khas dari natuna dari zaman dahulu
3) Lempar Natuna terbuat dari parutan ubi kayu dan beras ketan/pulut, bagian dalam berisi abon ikan tuna pedas.

 
Top