-->

A+ A-

Halamankepri@: Explore Pulau Subang Mas Di Perairan Laut Kota Batam - Buat pecinta wisata alam pasti punya impian untuk berkunjung ke pulau subang mas, Pulau yang terpisah dari daratan pusat kota batam ini memang populer menyimpan sejarah masa lalu dan keindahan alamnya. Sebuah surga tersembunyi menanti untuk ditelusuri dan di explore lebih lanjut para pecinta alam.

Subang Mas Island atau lebih populer disebut Pulau Subang Mas adalah sebuah/sebidang tanah dikelilingi oleh perairan yang terdapat di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), secara administrasi pulau subang mas berada dalam kelurahan/desa subang mas, kecamatan galang, kota batam yaitu di provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Boat pancung di perairan subang mas kota batam
Belakangan ini pulau di perairan laut kota batam ini memang cukup familiar ditelinga para traveler, sehingga layak untuk disebut sebagai salah satu destinasi wisata bahari. Dengan ekosistem pulau yang masih terjaga dan alam bawah lautnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi, membuat banyak para wisatawan penasaran ingin merasakan seperti apa leisure di pulau subang mas ini.

Ibarat pepatah melayu, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui (terjangkau), mungkin itulah peribahasa yang cocok untuk menggambarkan saat perjalanan mengunjungi pulau subang mas. Seperti untaian kalung mutiara yang tidak pernah putus, begitulah kira-kira gugusan pulau saat perahu melaju menuju ke pulau subang mas, wisatawan bisa merapat kepulau tunjuk, pulau air raja, pulau combon dan pulau yang ada disekitarnya.

Pulau subang mas dengan jumlah penduduk kurang lebih dari 60 kepala keluarga ini didominasi oleh rumah tangga nelayan, karena potensi sumberdaya hayati laut diwilayah ini tergolong sangat melimpah. Menurut abdul somad, pulau subang telah dihuni sejak ratusan tahun yang lampau, bahkan pada zaman kerajaan, hal itu diperkuat dengan keberadan makam engku putri dahlia, seorang putri kesayangan dari kerajaan riau-lingga yang meninggal karena perahu yang ditumpanginya tenggelam di pulau ini. Selain engku puteri dahlia turut juga di makamkan dayang pengasuh dan panglima yang mengiringi perjalannya.

Selain wisata sejarah dan juga ziarah, pulau subang mas menyimpan banyak panorama dan pesona alam perbukitan yang masih asri dan masih alami. Pemandangan pantai berpasir putih dipadu dengan air laut yang jernih berwarna gradasi biru toska yang sanggup memanjakan serta menawan hati para pengunjungpun tersedia di pulau subang mas ini.

Pantai moondharhanna atau dulu dikenal sebagai pantai permata merupakan pantai terbaik di pulau subang mas. Pada musim liburan, pantai ini biasanya dikunjungi oleh beberapa kalangan wisatawan. Keindahan alam bawah laut pulau subang mas juga tidak kalah menabjubkan, beraneka biota laut dan terumbu karang masih terjaga kelestariannya.

Cara Menuju Pulau Subang Mas
Pelabuhan pulau subang mas terletak berhadapan dengan pulau tunjuk, tidak ada jalan darat yang menghubungkan kedua-dua pulau ini. Perjalanan dapat di mulai dari pulau batam yaitu melalui pelabuhan rakyat punggur atau pelabuhan-pelabuhan yang ada disekitar barelang. Cara untuk menuju pulau subang mas ialah dengan menyewa boat pancung milik nelayan. Biasanya ramai yang memilih paket island hopping dimana para wisatawan akan dibawa ke beberapa pulau lainya.

 
Top