-->

A+ A-

Halamankepri@: Kuliner Batam, Beragam Inovasi Rasa Unik Hingga Tampilan Yang Instagramable - Batam dikenal sebagai kota industri yang juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun dari berbagai mancanegara.

Berbicara soal kuliner, beberapa tahun belakangan ini masyarakat kota batam telah disuguhkan dengan beragam inovasi, baik dari segi rasa yang unik hingga tampilan yang instagramable, yang belum tentu didapatkan di kota lain, kalaupun bisa rasanya belum tentu juga sama.

Beragam kreativitas masakan khas kuliner daerah kepulauan kepri sangat mudah ditemukan dikota batam. Banyak tempat-tempat makanan dengan menu yang bervariasi, selain rasanya enak kuliner di batam juga tidak akan menguras kantong.

Yang pastinya jangan lupa untuk mencicipi beberapa kuliner yang dapat anda temukan dibatam. Dilansir dari beberapa sumber halamankepri merangkum beberapa kuliner batam yang tidak boleh terlewatkan saat berada dikota ini:

Gong Gong
Gonggong seafood yang satu ini merupakan makanan khas masyarakat kepulauan riau. Gonggong menjadi makanan favorit karena selain rasanya yang lezat hidangan laut yang satu ini juga memiliki kandungan nilai gizi yang cukup tinggi, juga sangat diminati oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Gonggong Seafood
Gonggong biasanya hanya dimasak dengan cara direbus, bisa juga digoreng tapi para penggemar makanan laut ini biasanya lebih suka gonggong yang direbus. Cara menghidangkannya juga sederhana yaitu gong gong yang sudah direbus dihidangkan bersama dengan sambal. Sekilas makanan ini memang tidak menggiurkan, tetapi setelah sudah menyantapnya barulah ketangihan karena rasa khas dan teksturnya yang kenyal.

Mie Tarempa
Mie Tarempak merupakan mie khas kepulauan riau, disebut mie tarempa karena masakan ini bermula dari pulau tarempa anambas. Di pulau batam untuk menemukan mie tarempa sangat mudah, bentuknya agak pipih mirip kwetiau dibuat dari tepung dan telur. Rasa dari mie tarempak ini berbeda dari hidangan mie pada umumnya, rasa pedasnya berasal dari rempah-rempah yang digunakan.

Mie tarempa dihidangkan dalam berbagai variasi ada yang basah, lembab dan kering, yaitu kering tanpa kuah, lembab dengan sedikit kuah dan basah dihidangkan dengan kuah. Campuran mienya juga terdapat banyak pilihan ada daging sapi, daging ayam dan seafood.

Luti Gendang
Luti adalah sebutan orang melayu untuk roti, luti gedang berasal dari pulau siantan tarempa juga merupakan salah satu kuliner khas batam yang terkenal lezat. Luti gedang ini memiliki tekstur yang renyah di luarnya dan lembut di dalam. Kuliner yang satu ini cocok untuk menemani anda dipagi hari atau petang untuk sekedar bersantai kopi tiam atau teh.

Luti gendang ini berisikan ikan tuna yang telah diolah dengan campuran dan rempah-rempah kuliner khas pulau siantan tarempa. Makanan ini biasa disajikan seperti pagi hari dengan sejumlah makanan khas lainnya seperti nasi dogong dan aneka kue tradisiomnal lainnya.

Mie Lendir
Makanan khas kepulauan riau yang satu ini cukup populer di kota batam dan kota tanjung pinang bintan. Biasanya mie lendir disajikan dengan siraman kuah kental berwarna kecoklatan dengan bumbu yang memiliki rasa enak serta gurih. Disebut mie lendir karena kuah nya yang kental.

Bahan dasar dari kuahnya yang kental adalah kacang tanah dan ubi jalar sehingga menghasilkan kuah yang berwarna kecoklatan. Pada umumnya mie yang dihidangkan sama yaitu mie kuning. Biasanya mie lendir dihidangkan bersama telur rebus dan cabe rawit yang diiris kecil-kecil.

Lendot
Lendot merupakan makanan khas melayu kepulauan karimun. Kuliner ini sejatinya sayuran sebagaimana sayur kangkung dan bayam. Perbedaannya terletak pada kuah yang tidak cair sebagaimana pada umumnya, tetapi memiliki tekstur mengental mirip seperti lem. Menikmati sayuran dengan kuah yang kental memiliki sensasi yang berbeda.

Lendot merupakan bahan olahan dari sagu yang telah dihaluskan menjadi tepung. kuahnya yang bertekstur seperti lem sehingga dinamakan lendot oleh masyarakat sekitar. Lendot biasanya terdiri dari beragam jenis sayuran dan seapood lainya seperi udang, cumi, ikan teri dengan bumbu cabai sebagai pembentuk rasa pedas.

 
Top