-->

A+ A-

Kawasan pemerintah kota Batam memang memiliki beraneka ragam pulau cantik dan alam bawah laut yang sangat memukau, sebut saja adalah Pulau Nongsa yang sangat populer di kenal sebagai Pulau Putri. Sebagai salah satu pulau terluar di indonesia yang menjadi batas langsung antara Indonesia dengan negara tetangga , Pulau Putri Nongsa ini tepat berada di emperan selat malaka berhadapan dengan selat philips yang merupakan selat tersibuk di dunia dan berbatasan langsung dengan Singapure dan Malaysia.


Pemandangan dari Pulau Putri Nongsa ini juga tidak kalah serunya sangat jelas terlihat gedung-gedung tinggi pencakar langitnya negara Singapura, pesona moment view unik ini jangan pernah terlewatkan jika anda berada di pantai nongsa. Pulau Putri memang dekat dengan negara tetangga jaraknya sekitar tiga belas kilo meter dari pantai changi Singapura dan enam belas kilo meter dari Johor, Malaysia.
Pulau Putri Nongsa Kota Batam
Sebagai pulau terluar Pulau Putri dikokohkan keberadaannya, di pulau ini terdapat tugu lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di Pulau Putri juga terdapat bangunan pengawasan perhubungan laut berpungsi menuntun kapal-kapal agar tidak kandas atau menambrak karang disekitar pulau ini. 

Pulau Putri jaraknya sekitar 1 km saja dari pantai nongsa di Pulau Batam, terdiri atas tiga bagian, dan ketiga bagian pulau putri menyatu pada saat air laut surut sebaliknya terpisah pada saat air laut sedang pasang hingga terlihat seperti tiga pulau. Namun sekarang pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah kota batam Kepri, mengembangkan pulau putri agar berdaya tarik sebagai tempat wisata, untuk mendongkrak angka wisatawan Internasional. Dalam pantauan tim kami Halamankepri beberapa waktu lalu terdapat batuan pemecah ombak yang sudah terpasang mengelilingi bagian gugusan pulau yang terpisah jika saat air laut pasang.

Meskipun tergolong pulau kecil, Akan tetapi kini Pulau Putri sudah semankin luas dari sebelumnya, pengelola menambah luasnya dengan melakukan reklamasi supaya para wisatawan yang berkunjung kepulau ini merasa lebih nyaman dan betah menghabiskan waktu bermain air di pulau ini. Pemandangan bawah lautnya ketika bersnorkeling atau diving juga tidak kalah cantiknya, terumbu karang dengan aneka ikan berwarna-warni dan sangat lucu disekitarnya. Atau kalau mau bisa juga naik banana boat, dan juga beragam aktivitas lainnya juga dapat dilakukan di pulau ini.

Akses menuju pulau putri sangat mudah dari Nagoya pusat kota batam anda dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua waktu tempuh perjalanan sekitar setengah jam menuju Pantai Nongsa. Setelah sampai di Pantai Nongsa, perjalanan dapat dilanjutkan menaiki perahu boat yang sudah tersedia untuk menuju Pulau Putri dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 10 minit.

Berikut di bawah ini Video terbaru Pulau Putri Nongsa yang berada di dalam wilayah administratif pemerintah kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau Indonesia:

 
Top