-->

A+ A-

Halamankepri@: Pulau atau Island adalah sebidang tanah yang lebih kecil dari benua, lebih besar dari karang yang di kelilingi oleh air terbentuk secara alami dan bukan reklamasi. Kumpulau dari beberapa pulau disebut dengan Kepulauan atau dalam bahasa inggris di sebut Archipelago. Pulau juga memiliki sebutan yang bermacam-macam dalam bahasa sanskerta juga kerap disebut nusa, orang jawa di lepas pantai timur menyebut pulau kecil sebagai gili.
Kepulauan Stockholm Swedia
Meskipun kita tahu Indonesia sangat populer sebagai negara maritim terbesar di dunia dengan banyak jumlah pulau-pulaunya, berjejer dari sabang sampai marauke yang dipisahkan oleh lautan yang sangat luas, namun kenyataannya Indonesia bukan negara satu-satunya yang memiliki paling banyak pulau di dunia. Empat Negara di bawah ini mengalahkan Indonesia dari sisi jumlah banyaknya pulau-pulau yang terdapat di kawasan negara tersebut dan merupakan negara terbanyak memiliki pulau di Dunia, Indonesia di urutan Kelima:

1. Swedia, negara ini memiliki 267.570 pulau

Swedia Ibukotannya adalah Stockholm, negara ini berada didaratan Benua Eropa, menempati urutan teratas sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia. Seperti di kepulauan Stockholm dan kepulauan Smaland, kebanyakan pulaunya tersebar di perbatasan laut Baltik. Menurut laporan statistik, negara ini memiliki 267.570 pulau, hal ini juga yang membuat Swedia mendapat julukan ibu kota pulau dunia.

Kepulauan di kawasan Swedia ini menyimpan banyak sekali potensi-potensi wisata yang unik. Sebut saja salah satunya seperti kawasan kota Stockholm yang terdiri dari 14 pulau yang terkoneksi lebih dari 50 jembatan penghubung, yang sekaligus menjadi rumah bagi tiga situs warisan dunia yaitu Drottningholm, Skogskyrkogarden dan Birka. Vasa museum yang di bangun mengelilingi kapal perang pasa, belum lagi Gunung Kebnekaise yang termasuk destinasi populer di swedia, ia memiliki dua puncak yang diselatan diselimuti gletser dan utara bebas dari lapisan es.

2. Finlandia, negara ini memiliki 179.584 pulau

Finlandia ibukotanya adalah Helsinki terletak di benua Eropa bagian utara dengan luas wilayah negaranya sebesar 338.145 dan memiliki perbatasan darat dengan Negara Swedia, Norwegia dan Rusia, sedangkan batas lautnya adalah laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan dan Teluk Bothnia di barat. Finlandia memiliki 179.584 pulau yang tersebar dalam wilayahnya.

Negara Finlandia juga sangat populer memiliki ribuan danau setidaknya mencapai 187.888 danau yang salah satu nya terkenal adalah Saimaa yang masuk dalam salah satu danau terbesar di Eropa. Belum lagi Helsinki Cathedral yang termasuk juga salah satunya obyek wisata religi yang terkenal di negara ini yang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk diketahui bahwa puncak tertinggi Finlandia yang di sebut dengan Halditsohkka bagian dari pengunungan yang terkenal dengan nama Halti merupakan perbatasan Finlandia dan Norwegia. Namun demikian puncak tertinggi Halti sendiri berada di bagian Negara Norwegia.

3. Norwegia, negara ini memiliki lebih dari 50.000 pulau

Norwegia berada di utara daratan Eropa berbatasan langsung dengan Swedia, Finlandia dan Rusia, dengan luas negara sebesar 385.525 kilometer persegi, Norwegia memiliki ribuan pulau. Terhitung lebih dari 50.000 pulau terbentang dari Svalbard ke pulau Bouvet, bahkan Norwegia mendapat julukan sebagai ''The Island of 100.000 Laker". Bentang alam Norwegia sangat indah dengan sungai, danau, perbukitan, gunung es, negara ini juga dikenal dengan pemandangan auroranya yang mempesona di malam hari.

Pantainya yang berada di Samudera Atlantik utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal, Svalbard dan Jan Mayen berada di bawah kedaulatan Norwegia berdasarkan Traktat Svalbard. Gunung Beerenberg dengan ketinggian 7.306 (2.227 m) di pulau Mayen di laut Norwegia adalah satu-satunya gunung berapi di Norwegia.

4. Kanada, negara ini memiliki lebih dari 30.000 pulau

Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara, dengan luas wilayahnya lebih kurang sekitar 9.970.610 kilometer persegi, Ibu kotanya Kanada adalah Ottawa, tempat parlemen negara berada. Meskipun saat ini jumlah persisnya belum diketahui, namun Kanada sudah terdata memiliki lebih dari 30.000 pulau yang tersebar dari perbatasan dengan Amerika hingga menuju kutub utara. Sebahagian banyak pulaunya terletak di Teluk Georgia dan Pulau Baffin merupakan salah satu pulau terbesarnya.

Panorama alam di Kanada sangatlah mempesona, salah satunya adalah air terjun Niagara. Taman nasional Baff seperti Danau Peyto, Danau Louise, Danau Moriane dan ada lagi taman nasional yang terbesar di Yukon, Taman nasional ini merupakan rumah dari puncak tertinggi di Kanada yaitu gunung Logan dan tertinggi kedua di Amerika Utara setelah gunung McKinley.

5. Indonesia, negara ini memiliki 18.307 pulau

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau lebih populer di sebut Indonesia, ibukotanya adalah Jakarta. Indonesia berada di asia tenggara berbatasan darat dengan Malaysia di pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di pulau Papua dan dengan Timor Leste di pulau Timor. Menurut survei tahun 2002 yang dilakukan oleh National Institue of Aeronautics and Space (NASA), ada sekitar 18.307 pulau yang dimiliki Indonesia. Sedangkan pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut pada 2017 menyatakan jika Indonesia memiliki 17.500 pulau.

Indonesia dikenal sebagai negara Maritim terbesar di dunia memiliki luas perairannya mencapai 93.000 km2 dengan panjang pantai 81.000 km, Indonesia berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta di antara Samudera Pasifik dan samudra Hindia. Keindahan bentang alam Indonesia tidak diragukan bahkan menjadi pusat perhatian traveler seluruh dunia, Sebut misalnya baru-baru ini saja media Internasional Traveland Leisure yang berkantor pusat di Amerika telah merilis menempatkan tiga pulau Indonesia terbaik di dunia edisi 2018

 
Top