-->

A+ A-

Handphone atau telepon genggam, perangkat mobile saat ini bukan hanya sekadar menjadi alat telekomunikasi, namun jauh lebih dari itu dan terus berkembang dari masa ke masa sepanjang perjalanan jaman, baik dari segi desain, spesifikasi, dan fiturnya. Pengguna handpon juga terus bertambah meningkat dari yang tua, dewasa, remaja, anak-anak bahkan balitapun sekarang ini sudah di berikan oleh orang tuanya untuk pembelajaran.

Handpone juga telah banyak berevolusi jauh lebih lengkap, dari awalnya yang hanya dapat digunakan untuk mesej dan komunikasi suara saja sekarang justru pengguna telah dapat sekalian bertatap muka. Bahkan saat ini jauh lebih lengkap karena hampir semua yang kita perlukan ada di handpon seperti: internet, kamera, televisi, radio, musik, kompas, game dan masih banyak lagi. Tidak dapat disangkal lagi, perangkat handpone ini sudah menjadi salah satu media teknologi paling cepat mengalami perkembangannya.
Pengibaran Logo Handpone Xiaomi
Perkembangan pengguna yang terus meningkat dari tahun ke tahun ini di sambut baik oleh perusahaan-perusahaan handphone di berbagai negara untuk terus memproduksinya. Maka dari itu pasar perdangangan kinipun sudah dipenuhi beragam macam merek dan ratusan jenis handpone (selular).

Berikut Halamankepri@ merangkum enam Negara asal perusahaan handphone terkemuka di dunia:

Amerika Serikat

Merek handphone asal negara Amerika memang sudah tidak asing lagi didengar, pernah berjaya dengan merek Motorola. Namun, perusahaan handpone lain mulai mengambil alih pasar Motorola dan menjadikannya vakum. Tapi, amerika serikat tetaplah negara yang diakui kebesarannya dalam teknology handphone, apa lagi setelah mereka hadirkan teknology Apple dengan produk iphone.

Sekarang perusahaan handphone Amerika Serikat tidak hanya Apple dan Motorola (yang telah dibeli Lenovo), Akan tetapi bermunculan perusahaan lainnya misalnya Google Pixel dan bapak Android Andy Rubin yang berambisi menghadirkan perangkat-perangkat handphone lainnya yang sangat berguna.

Kanada

Kota waterloo terletak sekitar 1 jam perjalanan darat dari kota Totonto, Kanada adalah tempat kelahiran Blackberry sekaligus kantor pusat dari perusahaan BlackBerry atau dulunya bernama Research In Motion (RIM). Handphone BlackBerry terkenal dengan tingkat keamanan yang tinggi dalam handponnya.

Handphone yang dikenal dengan sebutan BB, BBM, atau BlackBerry ini memiliki pabrik perakitan tersebar di berbagai negara seperti: Malaysia, Taiwan, Hongaria, Meksiko dan tentu di negaranya sendiri Kanada. Sayangnya BB yang sempat meroket penjualanya di indonesia dengan fitur aplikasi BBMnya sudah tidak diminati oleh orang banyak lagi. Kini BlackBerry mengusung handphone berbasis Android yang sudah mengusai pasar dunia.

Tiogkok (Republik Rakyat Tiongkok/China)

Tiongkok adalah negara yang banyak memiliki perusahaan, bahkan perusahaan yang memproduksi telepon genggam atau handphone. Perusahaan-perusahaan handphone berbasis android asal Tiongkok (RRC) kini mulai menguasai pasar dunia dengan beragam inovasi teknologinya. Sejumlah merek handphone terkemuka didunia saat ini seperti: Lenovo, Xiaomi, Vivo, Oppo, Huawei, ZTE, hingga Meizu berasal dari Tiongkok, belum lagi di tambah merek-merek lokalnya seperti Oukitel, Gionee dan lainya.

Bahkan di indonesia sendiri, banyak sekali pengguna gadget yang membeli handphone buatan tiongkok ini. Salah satu kelebihan utama handphone asal Tiongkok ini adalah dari sisi harganya yang lebih murah. Sebagai contoh misalnya handphone Xiaomi andalan yang digunakan Halamankepri sejak beberapa tahun belakangan ini jauh lebih murah dan hemat jika di bandingkan handphone yang berasal dari negara lain. Padahal fitur-fitur dan spesifikasinya juga tidak jauh berbeda.

Korea Selatan

Handphone asal negara Korea Selatan mulai diperhitungkan ketika produknya yang berbasis Android dari Samsung marajai pasaran dunia, juga di Indonesia. Meskipun merek handphone yang terkenal dari negara korea selatan ini hanya Samsung dan LG, namun kualitasnya diakui dunia. Kedua produk  perusahaan raksasa asal dari negara korea selatan tersebut sama-sama memiliki keunggulan baik dalam segi desain maupun aplikasi. Bahkan inovasi keduanya tidak jarang di ikuti oleh perusahaan-perusahaan handphone lainnya.

Kehadiran beragam jenis handphone murah asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini memang membuat masa kejayaannya di Indonesia mulai tergerus. Namun keduanya terus berinovasi menghasilkan handphone-handpon yang bisa diterima di berbagai negeri. Misalnya saja Samsung baru-baru ini memproduksi Galaxy S8 dan LG G6 yang kualitasnya di akui dunia.

Taiwan

Handphone yang berasal dari Taiwan sebenarnya mendapat pengakuan dari konsumen, sejumlah prestasi handphone asal taiwan ini antara lain menjadi pelopor dalam membuat handphone unibodi dari metal dan dipuji-puji karena desainnya yang menawan. Beberapa produk handphone terkemuka asal negara taiwan yang telah merambah keberbagai negara di dunia yaitu seperti: Asus, Acer, dan HTC. Bahkan salah satunya yaitu HTC yang digandeng Google untuk menggarap Pixel.

Tidak banyak yang mengetahui tentang handphone pertama yang menggunakan Android adalah ponsel asal Taiwan HTC, indikasi HTC menjadi perangkat handphone pertama berbasis Android diketahui saat Komisi Komunikasi Federal di Amerika Serikat (FCC) memberikan pengesahan sejak pertengahan Agustus 2008.

Jepang

Walaupun semakin banyak bermunculan handphone buatan dari berbagai negara menawarkan harga dan spesifikasi yang beragam. Namun, sejak dahulu Jepang merupakan negara yang terkenal dengan produk elektroniknya. Banyak perusahaan elektronik Jepang yang produknya diakui dunia,  misalnya: Sony, Sharp, Toshiba, Kyocera, Fujitsu dan Panasonic.

Mengingat rekam jejak itu, Handphone berbasis Android juga menjadi salah satu produk yang dikembangkan Jepang. Bahkan salah satu produk Androidnya, yaitu Sharp sudah mulai memasuki pasar Indonesia dengan handphone Z2 dan M1.

 
Top