-->

A+ A-

Pulau Laut merupakan salah satu dari sekian banyaknya pulau-pulau di kawasaan negara kesatuan Republik Indonesia, tepatnya berada dikabupaten natuna provinsi kepulauan riau (kepri). Pulau Laut berdekatan dengan Pulau Sekatung yang merupakan garda terdepan NKRI di pisahkan oleh selat setakong dengan lebar sekitar empat puluh meter.

Pulau Laut

Pulau Laut merupakan daerah paling utara kabupaten natuna yang berbatasan dengan perairan lepas laut cina selatan menuju Negara Vietnam. Jika di tarik garis lurus kesebelah kiri pulau laut bagian barat pulau ini sejajar dengan negeri terengganu Malaysia. Jika di tarik garis lurus bagian timur pulau maka sejajar dengan negara Brunai Darussalam dan negeri sabah serawak, borneo Malaysia.

Secara administratif Pulau Laut juga merupakan nama salah satu kecamatan yang ada di kabupaten natuna. Wilayah kecamatan pulau laut ini terbagi menjadi tiga wilayah desa yaitu: Desa Air Payang, Desa Tanjung pala dan Desa Kadur. Di dalam kawasan kecamatan ini terdapat nama-nama pulau seperti: Pulau Semiun, Pulau Sunyot, Pulau Sekapol, Pulau Sekatung dan Pulau Laut.

Selain strategis secara geografis, Pulau Laut juga strategis akan sumber daya alamnya yang berlimpah, terutama sumber daya laut, seperti ikan napoleon yang merupakan ikan langka (humphead maori wrasse), berbagai jenis ikan kerapu, ikan kue/mayok, ikan barakuda juga terdapat kima dan tripang/gamat, kekayaan tersebut menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat pulau laut khususnya bagi para nelayan.

Keindahan pesona alam disini juga tidak kalah menariknya, kejernihan perairan dan putihnya pasir menjadikan daya tarik tersendiri. hamparan pasirnya begitu luas dan bersih, genangan lautnya pun sangat jernih dan susunan bebatuan granit yang sangat memukau. Sejarah juga telah mencatat pulau laut telah dikenal luas sebagai persinggahan para pendatang asing dari berbagai bangsa di dunia. Bukti tersebut hingga kini terdapat dipulau laut tidak hanya di huni suku melayu tapi suku lain yang ada di tanah air serta suku bangsa portugis, india dan china, asimilasi berbagai suku bangsa itulah yang kini menghuni pulau laut.

Perjalanan menuju Pulau Laut hanya dapat di akses melalui jalur laut, disebabkan pulau laut ini terpisah jauh dari pulau-pulau lain yang ada di gugusan kabupaten natuna.perjalanan dapat di mulai dari Kota Ranai Pulau Bunguran yang merupakan kota terbesar di kawasan Natuna. Untuk berlayar kepulau laut memakan waktu lebih kurang sekitar delapan jam perjalanan dengan kapal kayu dan dapat juga ditempuh selama empat jam jika dengan kapal cepat.

Tag: Mengenal Pulau Laut Lebih Dekat di Perbatasan Indonesia



 
Top