-->

A+ A-

fhoto sejarah pengungsi vietnam di pulau galang kota batam
Pulau Galang adalah salah satu nama pulau di kawasan Negara kesatuan republic Indonesia, pulau ini termasuk dalam wilayah kerja pemerintah kota batam yaitu provinsi kepulauan riau, pulau galang sangat popular di kalangan masyarakat kota batam selain itu pulau galang juga kerap di kunjungi oleh para wisatawan asing dari berbagai Negara. Berikut ini 5 obyek wisata yang ada di pulau galang batam:

Obyek Wisata Kampung Vietnam
Pulau galang pernah menjadi saksi sejarah pada tahun 1975 hingga 1996 saat pecah perang saudara di Vietnam, banyak pengungsi dari Vietnam yang di tampung. Jumlahnya mencapai 250.000 orang pengungsi.Di bawah koordinasi organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang mengurusi pengungsi UNHCR, Pulau galang di jadikan kawasan pengungsi lengkap fasilitas. Tetapi jangan salah, walaupun daerah ini sudah di kosongkan akan tetapi peninggalan-peninggalan dari pengungsi Vietnam masih di jaga dan dilindungi sampai saat ini.

Pantai Melur
Hanya satu kilo meter dari kawasan wisata bekas perkampungan Vietnam tedapat pantai melur. Pantai ini bukan sekadar objek wisata bahari yang bisa dinikmati keindahannya. Tetapi pantai ini memiliki segudang cerita sejarah dari para pengungsi Vietnam. Pantai melur memiliki lebar 20-30 meter dan panjang sekitar 100-200 meter adalah kondisi pantai dengan pasir putih bekilau lautnya yang landai dan tidak berkarang, sehingga memungkinkan bagi para pengunjung dapat berenang dengan aman hingga jarak 500 meter dari bibir pantai.

Pantai Mirota
Pantai mirota terletak di desa sijantung pulau galang, pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup terawat sehingga selalu ramai dikunjungi para wisatawan, baik itu di hari-hari biasa maupun di hari libur. Anda akan menyaksikan indahnya hamparan pasir putih yang bersih membantang di sepanjang pantai. pantai mirota memang terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang indah. Pepohonan rindang yang berjajar rapi di sepanjang pantai membuat pantai mirota semakin tenang dan asri.

Pantai Viovio
Pantai vio-vio yang cantik ini seolah-olah menjadi bidadari pantai di kota batam. Pantai dengan nama yang unik ini terletak tidak jauh dari jembatan tuanku tambusai, atau yang lebih popular dengan nama iembatan 5 barelang, yang menghubungkan pulau rempang dan pulau galang. Setelah pantai melur lokasinya bersebelahan dengan pantai mirota, dan berseberangan dengan camp vietnam. Kalo sudah melewati pantai mirota, perhatikan di sebelah kiri jalan ada spanduk penunjuk arah menuju pantai Viovio.

Pantai Cakang
Pantai cakang merupakan salah satu pantai wisata yang berada di kawasan pulau galang baru dan merupakan pantai paling ujung. Pantai cakang yang berada di Titik Referensi batas laut kota batam ini. Pantai Cakang Selanjutnya>>

 
Top