-->

A+ A-

salah satu kawasan mandeh sumatra barat (setan island)
Mandeh island adalah nama sebuah kawasan di wilayah negara kesatuan republic Indonesia, tepatnya berada di kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, berjarak sekitar lebih kurang 55 kilometer dari kota padang. Kawasan mandeh salah satu obyek wisata andalan di pesisir selatan sumatra barat. Secara geografis kawasan mandeh merupakan teluk yang di kelilingi oleh pulau-pulau yang hijau serta pantai yang indah. Beberapa contoh pulau yang ada di kawasan mandeh seperti pulau bintagor, pulau pagang, pulau ular, pulau marak, pulau cubadak, pulau taraju,pulau setan, pulau sironjong dan beberapa pulau lainnya.

Kawasan Mandeh sudah sangat popular di Indonesia maupun di tingkat internasional. Nama mandeh pada mulanya di ambil dari nama perkampungan yang berada di kawasan ini. Kampung mandeh yaitu terletak di tengah teluk carocok tarusan, secara otomatis membuatnya terlindungi dari arus gelombang dan kencangnya angin dari Samudera Hindia. kawasan Mandeh mulai di buka sebagai tempat wisata terhitung sejak 2014 lalu dengan luas area sekitar 8.000 hektare. Dari luas tersebut setidaknya terdapat 7 perkampungan dari 3 nagari seperti Kampung Mudiak Air, Kampung Pulau Karam, Pulau Simpang Carocok, Kampung Sungai Nyalo, Kampung Sungai Tawar, Kampung Sungai Pinang dan Kampung Teluk Raya.

Meski berhadapan dengan Samudra Hindia, ombak laut di kawasan mandeh sangat tenang, karena berada di dalam teluk, atau terhalang oleh pulau yang berjajar di tengah lautan. Jenis wisata di pantai mandeh sangat beragam. Para wisatawan di sini juga dapat menyewa perahu menuju pulau-pulau, baik untuk memancing, berenang, snorkeling, atau diving. Di kawasan mandeh juga ada beberapa pulau yang menawarkan aneka ragam wisata tambahan seperti rimbunnya pepohonan eksotis yang masih alami dengan flaura dan fauna yang hidup harmonis di habitat aslinya,dan air terjun gemuruh yang siap menyapa wisatawan dengan sejuknya air. Atau melakukan penjelajahan di sekitar bukit hingga menyusuri sepanjang pantai pasir putih yang menawan.

Di kawasan mandeh juga tersedia resort hotel yang memberikan kenyamanan super tinggi dengan pelayanan yang exclusive. Resort ini bernama paradiso village cubadak, Cubadak paradiso village adalah kompleks resor yang terdiri dari bungalow di bangun dengan kayu dan gaya arsitektur lokal, seluruhnya menghadap ke laut. Resor berada di ujung tenggara pulau cubadak, memberikan sensasi seperti di pinggir danau yang di kelilingi oleh hutan yang lebat menutup lembah yang menghadap ke laut. Pantai yang membentang sepanjang 1.5 km dan tanah 7 hektar yang dimiliki resor, tanpa bangunan lain di sekitarnya. Popularitas resort ini pun sudah meluas, terlebih resort ini dikelola oleh investor asing dari italia.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan artikel Kawasan Mandeh Sumatera Barat Indonesia. semoga informasi ini berguna bagi pengetahuan kita bersama. Amiin

 
Top