Halamankepri@: Pulau Serasan, Potensi Alam Eksotis Natuna Kepulauan Riau Indonesia - Serasan merupakan salah satu pulau terbesar ke dua setelah Pulau Bunguran di wilayah kabupaten natuna provinsi kepulauan riau indonesia (KEPRI), juga merupakan pulau terjauh dari ibukota Kepri, yaitu Tanjung Pinang  yang membutuhkan waktu 3 hari dengan kapal.  Pulau Serasan lebih mudah di capai melalui Kalimantan Barat (Sambas) dan Sematan, Malaysia Timur (Borneo).
Pantai Sisi yang terdapat di Pulau Serasan
Pulau Serasan memiliki luas daratan 146,58 km² tidak ada area persawahan tanaman utama adalah cengkeh, yang memang menjadi komoditas pertanian utama selain kelapa, terdapat kebun buah-buahan seperti nanas, pisang pepaya, daun pandan dan lain-lainya. Mayoritas penduduk pulau serasan menggantungkan hidupnya pada hasil laut, nelayan sebagai profesi utama masyarakat pulau serasan menyumbangkan banyak sekali hasil-hasil laut yang potensial dan bernilai ekonomis. Salah satu jenis ikan laut yang tersohor dan berinilai ekonomis tinggi dari perairan sekitar pulau ini adalah Ikan Napoleon.

Eksotika alam dan keramahan masyarakat Pulau Serasan menjadi daya tarik tersendiri. Kerajinan tikar pandan masih banyak kita jumpai di daerah ini, khususnya para wanita membuat kerajinan tikar sudah menjadi turun temurun penduduk setempat yang mampu menghasilkan karya seni rupa nan indah menawan. Tampilan tikar yang berwarna-warni dengan dominan warna merah, hijau, ungu, kuning, bahkan hitam, menjadikan daya tarik tersendiri. Tikar Pandan Serasan yang terkenal adalah yang bermotif Bunga Matahari dan Motif Rabun 13 Bunga Cengkeh.

Motif Batik Anyaman Tikar Khas Kepulaun Riau Indonesia Kepri
Corak kain batik serasan
Disainer batik Alm.Ramli merupakan disainer terkenal di kepulauan riau, beliau terinspirasi oleh keelokan anyaman Tikar pandan hasil tangan terampil para pengrajin di Pulau Serasan, salah satu produk yang menjadi unggulan khas Kepulauan Riau,dan telah beberapa kali di tampilkan dalam berbagai acara pagelaran busana, baik yang di gelar di Kepulauan Riau, Jakarta maupun di kota-kota mancanegara seperti kota Den Haag (Belanda), serta Berlin (Jerman).

Pulau serasan menyimpan banyak potensi wisata yang masih alami, sejumlah lokasi bahkan menjadi tempat favorit bagi penggemar snorkling, pengamat habitat penyu, dan pecinta wisata bawah air. Pulau Serasan terkenal dengan Pantainya yaitu Pantai Sisi, pantai Resak, dan Pantai Tebung. Pantai Sisi memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya yang ada di Indonesia. Bahkan pantai ini pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu pantai alami terbaik di dunia (Best Undiscovered Beach) versi majalah Islands, edisi September 2006. Selain Pantai Sisi, masih ada beberapa objek wisata di sekitar kawasan Serasan. Diantaranya : Pantai Pasir, Pantai Sepandok, Pantai Teluk Siti Dewi, Pantai Teluk Aur, Pantai Resam, Pantai Tarum, Pantai Jodoh, Pantai Sempadi, Pantai Bungim.

Pantai Sisi juga dijadikan sebagai tempat para nelayan untuk beristirahat. Garis pantainya panjang, membentang luas dengan butiran pasir halus, perairan di sekitarnya sangat bening,  dengan hamparan aneka rupa terumbu karang yang sangat natural. Tidak jauh dari pantai Sisi juga terdapat bukit Serasan nan hijau dan di hadapanya terdapat laut biru yang dimeriahkan oleh kapal dan pompong para nelayan yang hilir mudik dari kalimantan dan Kucing Malaysia Timur. Bagi pecinta Sunset, pantai Sisi Serasan sudah tentu menjadi daya tarik tersendiri setelah matahari perlahan-lahan terbenam, maka lampu-lampu dari tengah lautan mulai terlihat berkemilau, baik lampu kapal maupun lampu-lampu mercusuar.

Berikut di bawah ini video Pantai Sisi yang terdapat di Pulau Serasan Natuna Kepulauan Riau Indonesia:


Demikianlah yang dapat kami informasikan, Pulau Serasan dengan potensi alamnya yang eksotis di kabupaten Natuna Kepulauan Riau Indonesia. 
Bagikan jika artikel ini bermanfaat. Kami berharap Anda mendukung mempromosikan Pulau Serasan ini agar di kenal seluruh Dunia. Kami ucapkan terimakasih sebelumnya.  Aamiin

 
Top