-->

A+ A-


Halamankepri@: Memandang Keindahan Pulau Telaga di Tengah Laut Cina Selatan - Pulau Telaga Memiliki Gunung yang cukup tinggi diantara pulau disekitarnya dan pemandangan alam yang mempesona, Pulau yang tergolong unik ini berada dihamparan laut cina yang sangat luas salah satu gugusan terdepan NKRI dikabupaten anambas. Kehidupan masyarakat melayu, sangat kesederhanaan, dan keterikatan mereka dengan laut adalah hal menarik untuk diamati di pulau ini.

Menurut beberapa informasi kawasan pulau telaga ini memiliki dua desa  yaitu telaga besar dan telaga kecil, kedua desa ini memiliki jumlah penduduk lebih kurang  1000 jiwa yang merupakan wilayah kecamatan Siantan Selatan kabupaten kepulauan Anambas provinsi Kepulauan Riau Indonesia. Ingin rasanya sesekali singgah dipulau ini akan tetapi dikarenakan keterbatasan waktu dan ekonomi keinginan ini jadi tidak kesampaian.

Gambar dibawah ini saya diambil mengunakan kamera poket pada saat perjalanan dari pelabuhan Tarempa menuju Pelabuhan Sri Tumpang Raya dikuala maras yang pada saat itu menggunakan kapal Pelni jenis Printis. gambar ini memperlihatkan Pulau Telaga dan pulau-pulau kecil yang berada disekitarnya:

Ciri khas Pulau Telaga dapat dikenali dengan gunungnya yang tinggi diantara pulau-pulau lain disekitar

Gambar dibawah ini adalah Pelabuhan Sri Tumpang Raya yang berada di desa Kuala Maras kecamatan jemaja Pulau Jemaja kabupaten kepulauan Anambas Propinsi Kepulauan Riau


Untuk menuju Pulau Telaga dikabupaten anambas anda dapat memulai perjalanan dari pelabuhan Tarempa yang berada diPulau Siantan atau dari pelabuhan Kuala Maras yang berada diPulau Jemaja. pada saat ini sudah tersedia tranpotasi umum yang berupa pompong (Kapal Mesin) dan empat hari dalam seminggu pulang-pergi (PP) dengan rute perjalanan Kuala Maras- Pulau Telaga- Tarempa.Gambar dibawah ini saya ambil pada saat berada disalah satu kedai kopi dikota Letung pulau Jemaja:


Selain memiliki gunung yang cukup tinnggi diantara pulau-pulau disekitarnya, Pulau Telaga juga dikenal memiliki Pantai pasir yang indah, Perairan yang jernih, dan anda juga dapat menikmati ribuan jenis ikan serta biodata laut lainnya.

 
Top