Pelabuhan Kota Tarempak photo Sayuti Malik
Dipagi hari yang cerah, saya pun menyempatkan diri keluar dari penginapan untuk melihat-lihat pemandangan dipelabuhan tarempa, maklum saya baru pertama kali berkunjung kesini, udara terasa begitu segar sekali tidak seperti saat-saat saya dikota batam, sayapun berpikir sejenak, mungkin saja karena di sekeliling saya terdapat hamparan laut yang begitu luas, sehingga debu-debu dan bau asap kendaraan cepat terserap oleh air laut.

Dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dari penginapan saya akhirnya sampai dipelabuhan, tidak berapa lama kemudian saya melihat sebuah kapal sedang merapat dipelabuhan Tarempa Pulau Siantan, tidak mau ketinggalan saya keluarkan kamera poket dari dalam tas, keinginan mengabadikan pemandangan ini begitu kuat, entah untuk apa nantinya saya belum begitu yakin, yang penting jepret jepret sajalah. Siapa tau nanti bermanfaat. Saat itu saya unggah sebagian di halaman facebook yang saya beri judul Halaman Kepulauan Riau Indonesia (Sebelum Faham/Mengerti menggunakan Blogger).

Nah…Gambar-gambar dibawah ini ada disekitar pelabuhan Tarempa Pulau Siantan Kabupaten Anambas:

Pelabuhan Kota Tarempa Photo Sayuti Malik
Gambar dibawah ini adalah simpang lampu merah yang berada dipusat pertokoan/ kota tarempa sekitar lebih kurang 200 meter dari pelabuhan tarempak

Simpang Pasar Lampu Merah Kota Tarempa Photo Sayuti Malik
Dan gambar dibawah ini salah satu dari sekian banyak jalan yang dibangun disepanjang tepi laut tarempa
Jalan Tarempa photo sayuti malik
Saat meninggalkan pelabuhan tarempah menuju pulau matak, Terlihat pada gambar dibawah ini keseluruhan kota Tarempa Pulau Siantan:
Terlihat dari atas speadbot Kota tarempa di bawah perbukitan photo sayuti malik
Gambar yang terakhir ini memperlihatkan jalan disepanjang tepi laut dan salah satu icon  Tarempak pulau Siantan yaitu batu timpak tiga. 
Batu Timpak Tiga ini salah satu icon pulau siantan di kota tarempa photo sayuti ,malik
Tarempa atau Tarempak adalah kota kabupaten anambas tepatnya berada dipulau Siantan. Sampai saat ini dipulau siantan belum tersedia bandar udara, satu-satunya cara menuju tarempak pulau siantan adalah menggunakan jalur laut.

Anda dapat memulai perjalanan dari pelabuhan telaga punggur pulau batam menuju pelabuhan pemda kota tarempa dipulau siantan waktu tempuh perjalanan sekitar 8 jam dengan tranportasi Ferry Blue Sea Jet berkapasitas 350 kursi jenis Catamaran dengan rute Batam-Letung-Tarempa.

Atau anda juga dapat memulai perjalanan dari pulau matak menuju tarempak sekitar 15 menit jika menggunakan speed boat (kapal Cepat).
Dikabupaten Anambas Terdapat bandar udara kecil yang terletak di pulau matak, nama bandara udara kecil itu adalah Matak Airport, bandar udara kecil itu dibangun oleh Conoco Philips sebuah perusahaan multinasional asing yang bergerak di bidang ekspolarasi minyak. Saat ini Conoco Phillips tengah mengelola sumber minyak lepas pantai disekitar perairan Kabupaten Anambas.
Bandar udara kecil milik Conoco Phillips itulah yang menjadi urat penghubung Pulau Matak dengan Batam atau Tanjung Pinang. Selai itu terdapat juga satu bandar udara di Pulau Jemaja.

Jalur Laut lainnya disediakan oleh PT. PELNI atau Fast Ferry yang melayani rute perjalanan dari Tanjung Pinang - Letung - Tarempak  (Round Trip).

Demikianlah yang dapat Halaman kepri sampaikan Semoga Bermanfaat.

 
Top