-->

A+ A-

Halamankepri@: Mengenal Pulau Nut Tonton Resort Homestay di Kawasan Misool Islands Raja Ampat - Nut Tonton atau lebih populer disebut sebagai nut tonton homestay island oleh beberapa kalangan wisatawan manca negara adalah sebuah pulau kecil yang letaknya terdapat didalam kawasan kabupaten raja ampat, yaitu berada di wilayah perairan desa yellu yang terdapat dikecamatan misool selatan dan juga merupakan bagian dari provinsi papua barat di wilayah negara kesatuan republik indonesia.

Pada awalnya pulau nut tonton adalah sebuah pulau kosong yang tidak berpenghuni dan juga belum memiliki nama. Kononnya menurut cerita yang sudah beredar nama nut tonton ini berawal dari pemilik homestay dan keluarganya menemukan buah nut tonton dipulau tersebut. Pulau ini merupakan salah satu dari pulau- pulau tak bernama lainnya yang banyak berhamparan diperairan misool raja ampat. Kemudian dikelola sebagai lokasi resort homestay, jauh dari hiruk pikuk keramain yang nyaman untuk tempat menginap bagi wisatawan.
Nut tonton resort island
Resort homestay desain bangunannya terbuat dari kayu dan papan serta rumbai-rumbai dedaunan pada beberapa bagian bangunannya, meskipun demikian sederhana tidak seperti hotel berbintang pada umumnya namun bagi wisatawan pecinta alam menginap di homestay ini sudah terasa melegakan. Apalagi bisa berbaur dengan para pengelola yang semuanya rata-rata adalah penduduk lokal misool, jadi bisa merasakan budaya dan tradisi di papua.

Bentang perairan alamnya yang luas dan berbagai macam pepohonan berdaun hijau tumbuh dipermukaannya sehingga menjadikan udara disekitar terasa dingin menyegarkan. Bagi sahabat traveller yang suka snorkeling, homestay nut tonton ini sangat sesuai karena bisa langsung bersnorkeling di depan kamar. Perairan lautnya masih sangat terjaga kealamiannya sehingga beragam jenis biota laut hidup didalamnya seperti: banyak di temukan soft coral, karang besar, bintang laut dan berbagai jenis ikan mulai dari napoleon, penyu sisik hijau, clown fish, sampai baby shark. Nut tonton memiliki hamparan pasir putih, batu karst juga perairan yang sangat jernih berwarna turquoise dan sangat banyak diminati wisatawan dari luar negeri.

Setiap traveller pencinta keindahan alam tentunya sangat mengidam-idamkan suasana kawasan konservasi wisata bahari yang sudah terkenal di dunia. Termasuk daerah segitiga karang dunia dan puluhan banyak ikan hias yang terdapat di dalam lautnya yaitu sekitar 75% ikan hias dan segitiga karang dunia juga terdapat di daerah misool selatan ini. Dan daerah ini juga memiliki laut lepas yang sangat luas sekali sehingga menjadi jalur lintasnya hewan-hewan besar yaitu seperti ikan paus dan gurita. Berikut di bawah ini kami lampirkan video nut tonton homestay island di kawasan misool selatan:

Cara Menuju Nut Tonton Homestay di Kawasan Misool Selatan
Sorong merupakan pintu masuk raja ampat lewat jalur udara, dari jakarta ada lima maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan Jakarta - Sorong, yaitu sriwijaya air, nam air, express air, lion air dan garuda indonesia.

Perjalanan dapat dimulai dari bandar udara jakarta menuju bandar udara domine eduard osok atau lebih dikenal dengan bandara DEO kota sorong papua barat. Lalu setelah sampai disorong perjalanan selanjutnya menuju pelabuhan rakyat sorong.

Dari pelabuhan rakyat sorong ini kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan tranfortasi laut menuju yellu misool selatan. turun di pelabuhan line 45 milik perusahaan mutiara. Baru kemudian dilanjutkan dengan longboat milik warga lokal untuk diantar menuju tujuan. jarak tempuh pelabuhan 35 menuju nut tonton homestay lebih kurang sekitar 30 menit dengan menggunakan speedboat.

 
Top