-->

A+ A-

ilustrasi
Blogger atau Blogspot adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Dengan semakin banyaknya tulisan di diharapkan semakin banyak kunjungan ke website blog, dan tentunya eksistensi website blog akan semakin meningkat di dunia maya. Harapannya keberadaan website blog juga bisa semakin diketahui oleh masyarakat umum, dan semoga bisa semakin bermanfaat bagi Indonesia secara keseluruhan.
Apa Itu Blogger ? : Berbeda dengan blog, "Blogger" merupakan penyedia layanan "Web Log" yang dimiliki oleh Google dan siapa saja dapat memilikinya. Nah, blogger ini merupakan situs web yang memberikan akses atau layanannya secara gratis yang dapat dimiliki oleh siapa saja yang menginginkannya. Namun, sebagian orang mengartikannya bahwa blogger adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki blog. Tetapi untuk dapat mengakses blogger Anda harus memiliki akun Gmail untuk dapat menikmati layanan gratis ini.
Apa Itu Blogging ? : Nah baru "Blogging" merupakan seseorang yang menjalani aktifitasnya dalam blogger seperti menulis sebuah konten atau artikel untuk mengisi blognya. Jadi blogging adalah suatu kegiatan atau aktifitas untuk yang berhubungan dengan blog miliknya atau bahkan dengan blog orang lain, misalnya kita menulis artikel untuk mengisi blog kita sendiri, atau bahkan kita berkunjung kepada blog orang lain dan berharap orang lain juga berkunjung kepada blog kita hal ini biasanya dinamakan blogwalking.
Apa Itu Blogspot ? : Blogspot adalah sebuah nama subdomain yang di berikan oleh Blogger kepada setiap pemilik Blog misalnya kita ingin memiliki blog, tentu kita harus datang kepada penyedia layanan blog yaitu blogger, setelah itu kita dapat memilih sebuah alamat blog kita contoh halamankepri.blogspot.com dapat kita lihat di akhir alamat blog terdapat kata blogspot itulah subdomain yang diberikan oleh blogger sehingga kita dapat memiliki blog.

Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

Adapun kesalahan-kesalahan yang harus dihindari blogger pemula agar bisa cepat menghasilkan uang adalah:
Mengelola banyak blog : Mengelola banyak blog bagi master blogger sangatlah mudah. Hal itu akan mempercepat dalam mengumpulkan pundi-pundi dollar. Tapi bagi blogger pemula hal ini justru akan menyulitkan. Sebaiknya kita fokus mengelola sebuah blog, jika blog pertama sudah jadi (banyak pengunjung) kita boleh membuat blog-blog baru untuk kita kelola.
Memperhatikan trafik, melupakan artikel : Seperti awal-awal ngeblog yang saya perhatikan setiap hari adalah trafik. Hampir setiap ada kesempatan saya selalu mengecek berapa penayangan blog hari ini. Tapi saya justru melupakan sesuatu yang penting yang akan mendatangkan trafik yaitu artikel. Saya jarang sekali membuat artikel untuk diposting. Padahal semakin banyak konten/artikel dalam sebuah blog akan semakin membuka lebar jalan datangnya pembaca blog. Itu artinya memperbesar kemungkinan meningkatnya trafik sebuah blog.
Bagi blogger pemula sebaiknya fokus ke konten/artikel terlebih dahulu. Jangan menulis satu dua artikel kemudian membagikan link artikel tersebut ke media sosial berulang kali. Memang dengan share link artikel tersebut ke media sosial akan mendatangkan banyak trafik. Tapi alangkah lebih baiknya kita membuat banyak artikel berkualitas untuk isi blog, kemudian biarkan search engine yang bekerja. Kalau sesekali share ke media sosial boleh lah, asal jangan berlebihan. Jangan bangga jadi spammer!!
Ngebet pasang iklan di blog : Awalnya saya penasaran dengan cara mendapatkan uang dari bisnis online khususnya dari blog. Saya buat blog kemudian mengisinya dengan beberapa artikel. Baru mendapat sedikit trafik saya sudah berpikir bagaimana cara mendapat uang dari blog tersebut. Blog yang baru bertrafik ratusan saya pasang iklan popup, pop under. Bagaimana hasilnya? Dollar yang saya dapat sedikit, justru trafik blog terjun bebas. Tapi sekarang saya sudah sadar kalau ternyata mayoritas pembaca tidak menyukai iklan jenis ini.
Saya yakin masih banyak yang berpikiran sama seperti saya (waktu itu), ingin cepat mengumpulkan dollar. Saran saya lebih baik buat artikel yang bermanfaat, atur tata letak dan navigasi blog sehingga membuat pembaca betah membaca blog kita. Setelah trafik tinggi barulah blog kita pasang iklan, entah itu adsense, wordads atau iklan lainnya yang jelas kalau bisa jangan pasang iklan popup/pop under.
Tergoda Dengan Bisnis Online Lain : Jika niatan ngeblog adalah mendapat uang, maka tidak menutup kemungkinan kita akan tergoda dengan bisnis online lain. Banyak macam bisnis online seperti PTC, affiliate marketing, CPA, Paid survey, online shop dan masih banyak lagi. Kesemuanya itu menggiurkan jika kita melihat kisah sukses pelakunya.
Padahal jika kita jalani susahnya sama. Namanya mulai dari nol pasti akan terasa susah. Kita sedang mulai merintis membuat sebuah blog, membaca cerita sukses seseorang dari bisnis online lain kemudian kita tergiur. Kita coba menirunya, blog menjadi terabaikan. Akhirnya blog gagal, eh bisnis online lainnya pun tak menghasilkan. Miris!

Memang ada pelaku beberapa bisnis online sekaligus yang sukses. Menurut saya karena mereka sudah menemukan jalannya. Tapi untuk blogger pemula, kalau sudah niat untuk membuat blog sebaiknya urus dulu blognya. Lihat perkembangannya, kalau sudah lama tapi belum juga menghasilkan baru berpaling ke bisnis lain.
Banyak Membaca Jarang Menulis : Blogger adalah penulis. Seorang penulis tentu harus hobi membaca. Membaca buku, koran, majalah atau yang paling murah dan kaya informasi adalah blog/web. Banyak blog/website yang bisa kita baca sepanjang hari secara gratis hanya bermodalkan paket internet.
Kesalahan yang paling banyak dilakukan blogger pemula adalah terlalu banyak membaca blog lain dan lupa membuat konten untuk diposting ke blog sendiri. Boleh saja kagum dengan tulisan di blog lain, tapi jangan sampai lupa untuk membesarkan blog milik kita. Apakah Anda hanya ingin menjadi saksi kisah sukses orang lain?

Inti dari semua yang sudah saya tuliskan di atas adalah agar sebuah blog menjadi besar kita hanya perlu fokus mengelola dengan menyajikan konten/artikel yang bermanfaat bagi para pembacanya. Terus buat sebanyak mungkin artikel yang membantu/memberi informasi kepada pembaca karena trafik berbanding lurus dengan jumlah artikel. Semakin banyak jumlah artikel maka akan semakin tinggi pula trafik yang datang ke blog kita.

Bagi Anda blogger yang masih seperti saya (blogger pemula) tetap semangat menulisnya. Jika rajin mengelola dan mengisi blog dengan konten bermanfaat pasti akan cepat berkembang dalam beberapa bulan. Pasang iklan jika trafik sudah dirasa cukup. Bisa dengan iklan mandiri, adsense, wordads atau lainnya. Khusus untuk yang ingin pasang adsense kalau selalu ditolak saat mendaftar, kita bisa joint venture dengan yang sudah memiliki akun.

Dengan menghindari kesalahan yang sudah saya sebutkan, meskipun tergolong blogger pemula pasti kita bisa dengan cepat menghasilkan uang. Tentu hasil yang kita peroleh tergantung berapa jumlah visitor perhari kita. Semakin tinggi trafik blog maka semakin besar peluang kita untuk mendapatkan hasil yang kita harapkan.

 
Top