-->

A+ A-

ilustrasi
Kepulauan Riau (disingkat Kepri) adalah nama sebuah provinsi di dalam kawasan negara kesatuan republic indonesia. Kepri merupakan sebutan populer untuk provinsi kepulauan riau, wilayah kepri berbatasan dengan vietnam dan kamboja di sebelah utara malaysia(borneo) dan provinsi kalimantan barat, di timur provinsi kepulauan bangka belitung dan jambi, di selatan negara singapure, malaysia dan provinsi riau di sebelah barat.

Kepri merupakan salah satu pintu gerbang masuk indonesia, jadi tidak mengherankan jika cukup banyak wisatawan asing yang berkunjung tiap tahun. Apalagi dengan beragamnya obyek wisata yang di miliki oleh Provinsi Kepri. Seperti halnya wisata bahari atau kepulauan yang memiliki gugusan pantai yang cantik menjadi pemikat para wisatawan untuk datang. Belum lagi dengan banyaknya cagar budaya atau wisata budaya dan sejarah yang juga menjadi alternative destinasi yang dimiliki Kepri.

Menggerakkan perekonomian menjadi alasan pemerintah gencar membangun serangkaian infrastruktur di pulau-pulau kepri, Selain pembangunan jalan membangun beragam infrastruktur lainnya, seperti jembatan-jembatan penghubung antar pulau. Nah berikut ini 3 wisata jembatan terpanjang yang ada di wilayah kepri yang mungkin boleh anda kunjungi jika sedang berada di kepulauan riau:
JEMBATAN PAUH MORO
Jembatan moro pauh atau pauh moro yang menghubungkan pulau sugie kecil dan pulau pauh, Jembatan ini di sebut-sebut sebagai satu-satunya jembatan terpanjang dan termegah, di kabupaten karimun yang merupakan wilayah  kepulauan riau. Ketahanan jembatan ini sekitar 5 ton bahkan diyakini mampu menahan bobot seberat mobil ambulans ukuran besar. Uniknya, di tengah-tengah jembatan yang dikerjakan oleh kontraktor PT Galih Medan Perkada itu di buat lengkungan agar kapal-kapal nelayan maupun kapal kargo bisa melintas di bawahnya. Saat ini, jembatan pauh moro menjadi kebanggaan masyarakat karimun, khususnya kecamatan moro. Hampir setiap malam jembatan pauh moro selalu ramai didatangi masyarakat moro maupun warga karimun lainnya. Selain sebagai penghubung dua pulau, jembatan pauhmoro juga dijadikan sebagai lokasi refreshing bagi masyarakat. Apa lagi pemandangan yang ada di sekitar pulau moro sangat indah dengan perairan yang tenang dan angin sepoi-sepoi di tambah lagi perahu hilir mudik di bawah jembatan. 
JEMBATAN BARELANG
Nama jembatan ini merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang. Pemberian nama barelang merujuk pada singkatan tiga pulau besar yang ada di kawasan ini. Jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di batam yang menghubungkan 7 buah pulau sekaligus dengan panjang jembatan mencapai 2264 meter. Pulau-pulau yang dihubungkan oleh jembatan barelang ini antara lain pulau batam, pulau tonton, pulau nipah, pulau setotok, pulau rempang, pulau galang dan pulau galang baru. Jembatan balerang adalah bukti nyata kemegahan arsitektur hasil karya anak bangsa. Megahnya barelang bahkan di sebut-sebut mirip dengan jembatan golden gate yang menjadi ikon paling terkenal dari kota san fransisco, AS.
JEMBATAN SATU PULAU DOMPAK
Jembatan satu dompak yang menghubungkan pulau bintan dengan pulau dompak merupakan jembatan terpanjang yang ada saat ini di kepulauan riau. Jembatan dompak satu ini sangat mengangumkan di hiasi taman di sisi kiri, kanan dan media jalan ini di tanami rumput, pohon-pohon yang indah dan bola-bola kecil dari campuran semen yang pada sisinya tergambar pulau-pulau kecil di Kepri. Kemegahan jembatan pulau dompak ini menjadikan kebanggaan tersendiri bagi masyakat, sebagai ikon baru kota tanjungpinang. Jika pulau penyengat merupakan pusat pemerintahan kerajaan melayu dahulu kala, maka pulau dompak merupakan pusat pemerintahan provinsi kepulauan riau sejak tahun 2010. Di pulau dompak terletak perkantoran pemerintah termasuk kantor gubernur, kantor DPRD, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.
Demikianlah artikel 3 wisata jembatan terpanjang di kepulauan riau ini kami liput dari beberapa sumber yang sangat dapat kami percaya. Semoga bermanfaat.


 
Top