-->

A+ A-

Tanjung Balai Pulau Karimun
Pulau Karimun yang memiliki luas wilayah sekitar 139 km2 ini terdapat di dalamnya Kota Tanjung Balai Karimun yang merupakan Kota Kabupaten Karimun di kawasan provinsi Kepulauan Riau Indonesia. Pulau Karimun ini berada di kawasan strategis, Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura yang merupakan salah satu kawasan terpenting jalur laut di Kawasan Asia Tenggara, Jalur ini menghubungkan jalur terusan antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik  dan jalur ke berbagai negara di dunia.

Pulau Karimun adalah pulau yang berada di perbatasan antara Indonesia dengan negara tetangga Singapura dan juga Malaysia. Karena kedekatannya dengan kedua negara tetangga tersebut, menjadikan Pulau Karimun merupakan salah satu tujuan wisata dari berbagai negara dan juga merupakan tempat transit bagi warga Pulau sekitarnya  yang ingin menuju ke Singapura maupun Malaysia.

Pulau Karimun menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang cukup terkenal. Ombak di tepi pantai Pulau Karimun masih tergolong bersih sehingga sangat asri, tranfortasi, penginapan, hotel, restoran,resort, Mall dan lain-lain sudah sangat lengkap, sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk di kunjungi bersama keluarga maupun teman. Keindahan alam dan lautnya sangat menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata Alam dan Religius

Tempat-tempat Wisata alam yang terdapat di Pulau Karimun diantaranya adalah Pantai Palawan, Pantai Pongkar dan Air Terjun yang berada di Gunung Karimun, sedangkan Wisata Religius diantaranya adalah Mesjid Baitul Karim dan Vihara Sasana Diepa.

Objek Wisata Coastal Area

Jika Anda berkunjung ke pulau Karimun jangan lewatkan objek wisata yang satu ini yaitu Coastal Area, tidak lengkap rasanya kalau melewatkan Coastal Area Tanjung Balai Karimun. Coastal Area di kenal sebagai pusat keramaian yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan maupun masyarakat lokal. Di hari-hari biasa Coastal Area Tanjung Balai Karimun ini dijadikan area multi fungsi, seperti foodcourt, lapangan bermain, arena olahraga, tempat nongkrong, pegelaran musik dan tempat diadakannya acara keagamaan.

Pelabuhan Laut

Di pulau Karimun ini terdapat pelabuhan domestik dan internasional. Domestik melayani tujuan ke Pulau Batam, Pulau Bintan (Tanjungpinang), Pulau Kundur (Tanjungbatu, Tanjungberlian, Selat beliah),Dumai, Selat panjang, dan Kuala tungkal (Jambi). Untuk rute internasional pelabuhan ini melayani akses langsung hingga ke Malaysia dan Singapura. Kota di Malaysia yang menjadi tujuan adalah Johor Bahru, tepatnya di wilayah Kukup. Lama perjalanan memakan waktu 45 menit. Sementara jarak ke Singapure di tempuh selama satu jam perjalanan.

Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi pengetahuan kita bersama, Jika bermanfaat silakan Sare..

Tim Admin mengucapkan Terima Kasih.

 
Top