-->

A+ A-


Pulau biola atau biasa disebut sebagai pulau penjuala ini berada dalam kawasan administrasi  desa cempa di kabupaten lingga provinsi kepulauan riau indonesia (KEPRI). Pulau biola dapat dikunjungi dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 minit dari pulau cempa menggunakan perahu mesin nelayan.

Kawasan di pulau biola ini terkenal memiliki taman laut yang indah dan sangat alami, Air di Pantai pulau biola sangat jernih hingga anda bisa melihat ikan yang berenang di antara terumbu karang dengan pantai pasir putih yang terbentang luas. Di daratan pulau  biola juga dapat ditemui pohon santigi. Ratusan pohon yang umumnya dibuat menjadi bonsai tumbuh subur di bibir pantai hingga di area perbukitan menambah indahnya pulau biola yang memiliki bentuk seperti biola ini.

Peresmian Pulau Penjuala menjadi Pulau Biola
Menurut beberapa informasi pulau penjuala ini di sebut-sebut sebagai pulau biola untuk memudahkan di ingat oleh para wisatawan yang ingin berkunjung ke desa cempa kabupaten lingga di provinsi kepulauan riau Indonesia (Kepri), sebelumnya pulau biola ini lebih dikenal oleh masyarakat desa cempa sebagai pulau penjuala. Di kawasan Kabupaten Lingga ini terdapat  ratusan  pulau –pulau  yang menyimpan keindahan alam yang belum diketahui banyak orang, Pulau Biola ini menjadi salah satu dari 531 pulau yang menyorot perhatian, Setiap orang yang melintasi pulau ini dengan menggunakan kapal cepat akan dapat melihat biola sebagai daya tarik. Pulau ini masih kosong, tetapi dapat dikelola sebagai objek wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Cempa. Sementara Pulau Cempa merupakan pulau yang pertama kali disinggahi kapal cepat dari Tanjung pinang menuju Kabupaten Lingga.

Desa Cempa berada di pulau Cempa merupakan salah satu desa secara administrasi terletak di Kecamatan Senayang yang ada di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau Indonesia. Desa Cempa berlokasi tidak jauh dari ibukota Kepulauan Riau, yaitu Tanjung pinang pulau bintan yang dapat ditempuh melalui akses laut.
Mayoritas masyarakat Desa Cempa adalah  masyarakat etnis Melayu dan selebihnya adalah masyarakat etnis Flores dan Cina. Dalam bermasyarakat, mereka tergolong sangat akur, sehingga beragam kegiatan dilakukan bersama tanpa membedakan darimana sukunya berasal.

Pulau Cempa Kabupaten Lingga
Selain keragaman etnis, masyarakat Desa Cempa juga menganut agama yang beragam yaitu Islam, Nasrani, dan lain – lain, sehingga kita dapat menemukan tempat ibadah seperti mesjid dan gereja yang dapat digunakan oleh wisatawan. Mayoritas masyarakat Desa Cempa berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapan mereka sebagai nelayan sangat beragam yang terdiri dari beragam jenis ikan seperti ikan selar, ikan mentimun, ikan karang dan lain -lain, cumi – cumi atau sotong, beragam jenis udang, beragam jenis kepiting dan bilis atau istilah umumnya ikan teri.

Pesona ekowisata bahari yang ditawarkan dari desa Cempa meliputi pantai pasir putih yang menawan, dan eksotisnya Pulau Berjuala atau Pulau Biole yang dapat dimanfaatkan sebagai kawasan snorkling atau sekedar tempat peranginan dan berfoto yang menyegarkan.

Terimakasih atas kunjungan Anda di Artikel Melintasi Pulau Biola Berjuala Yang Indah di kawasan Ligga semoga bermanfaat..

 
Top