-->

A+ A-


amat pirang foto
Kurau adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Desa kurau, terletak di Pulau Bangka Tengah, kecamatan. Koba, dibagi menjadi 2 tempat, kurau barat dan kurau timur. Pusat pemerintahannya terdapat di Kurau timur. Mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan dan petani sawit.

Namun, profesi tersebut hanya banyak ditemukan didaerah kurau barat. Hasil laut dan hasil perkebunan sawit menjadi pemasukkan daerah yang utama bagi daerah Kurau.

Amat pirang fhoto
Desa Nelayan Kurau berada sekitar 21 KM dari Kota Pangkalpinang. Terletak di pesisir pantai yang menghadap ke Laut China Selatan, Desa ini akan kita lewati dalam perjalanan dari pangkalpinang menuju Koba.

Masyarakat Desa Kurau umumnya adalah keturunan Bugis yang berprofesi sebagai Nelayan. Dari Desa Kurau ini, wisatawan yang ingin pergi ke Pulau Ketawai dapat menyewa perahu. Pemandangan perahu-perahu nelayan di dekat pelabuhan, di sisi kiri dan kanan jembatan yang menghubungkan kedua desa adalah pemandangan yang khas dari desa ini.

amat pirang foto
Desa Kurau masuk salah satu kategori pilihan karena memiliki pemandangan menarik dan eksotik. Desa Kurau dipilih karena satu-satunya desa nelayan yang memiliki pemandangan yang menarik dan eksotik. Letaknya pun strategis berada dipinggir jalan menuju Kota Koba.

Kurau memang cocok dijadikan desa wisata bahari karena memang berada di pinggir pantai dan gerbang masuk utama menuju Pulau Ketawai, Pulau ini bisa kita lihat dari dermaga desa kurau, karena pulau ini tidak begitu jauh dari dermaga, waktu tempuh menuju pulau ketawai ini sekitar 45 menit perjalanan.

''Namun perlu anda ketahui, sebaiknya sebelum anda memutuskan untuk berwisata ke pulau ketawai, ada baiknya anda berkoordinasi dahulu dengan nelayan setempat seperti booking perahu untuk kepulau dan yang terpenting mintalah informasi pasang surut air laut. Hal ini di karenakan karakter muara pantai desa kurau yang dangkal sehingga bila air laut surut baik perahu yang akan menuju ke luar dermaga maupun yang akan masuk dermaga akan kandas'' .

 
Top