-->

A+ A-

Halamankepri@: Pesona Pulau Memperuk Anambas Kepulauan Riau Indonesia - Pulau memperuk adalah salah satu dari sekian banyak pulau - pulau kecil di kawasan wilayah kabupaten anambas provinsi kepulauan riau indonesia. Pulau kecil ini memiliki luas sekitar 1000 Ha dengan ketinggian max 270an mdpl, termasuk salah satu pulau tertimur di kawasan kabupaten anambas.

Di pulau memperuk ini terdapat dua titik perkampungan/desa, secara administrasi kependudukan sebenarnya hanya satu yaitu desa munjan. Saya di sini mengatakan dua desa dikarenakan salah satunya agak berjauhan. dibutuhkan 1 jam perjalanan jika menggunakan sampan boat nelayan setempat, sementara jalur darat belum tersedia. Pekerjaan sehari-hari masyarakat di pulau memperuk pada umumnya adalah nelayan. Hanya beberapa hari saja saya berada di pulau memperuk dan disibukkan oleh pekerjaan, jadi tidak begitu banyak hal yang dapat saya ceritakan.

Bagi saya pulau ini terasa sangat menyenangkan, penduduk di sini sangat ramah, saya merasakan seolah sedang mengunjungi keluarga sendiri yang sudah lama sekali tidak berjumpa. Pemandangan di sini juga tidak kalah indahnya, pulau-pulau kecil beragam bentuk yang tak terhitung banyaknya berhamparan di tengah laut, sayangnya pada saat itu kamera poket yang saya bawa lowbet karena charger ketinggalan. untungnya masih sempat ada beberapa kali saya mengambil poto pemandangan di sekitar pulau memperuk.

Saat melintasi perkebunan penduduk di desa Munjan Pulau Memperuk, saya menyempatkan diri mengambil gambar bebatuan di bawah ini:



Di kanan kiri jalan bahkan di samping-samping rumah penduduk Desa Munjan Pulau ini juga terdapat banyak batu-batu yang berukuran besar




Nah...Gambar dibawah ini diambil pada saat perjalan laut menggunakan sampan boat nelayan setempat dari Desa Munjan menuju salah satu desa yang masih satu Pulau Mempruk. Masyarakat disini menyebutnya mempruk. Jadi dipulau Mempruk terdapat Dua titik perkampungan (Mempruk Dan Munjan ).



 Gambar dibawah ini adalah Mempruk yang terdiri dari belasan rumah atau kartu keluarga:


Dan gambar terakhir ini adalah Munjan, secara administrasi Mujan dan Memperuk menjadi satu yaitu Desa Munjan.



Bila ingin ke Pulau Mempruk, Anda dapat memulainya dari Tarempak menuju Pulau Mempruk (Munjan), Sekitar 3 jam jika menggunakan perahu nelayan atau menggunakan jasa speed boat maka akan lebih cepat sampai.

Semoga Artikel ini Bermanfaat

 
Top