-->

A+ A-


Meriam benteng lekok pulau mepar
Mepar Island adalah nama sebuah pulau kecil di negara kesatuan republic Indonesia, lebih tepatnya berada di kawasan kabupaten Lingga yang merupakan bagian dari provinsi kepulauan riau (KEPRI). Pulau mepar tepat berada di sebelah selatannya pulau lingga yang berhadapan langsung dengan pelabuhan tanjung buton. Secara administratif pulau mepar termasuk ke dalam kawasan wilayah desa mepar, kecamatan lingga, berjarak sekitar kurang lebih satu kilometer dari pelabuhan tanjung buton. Jika dari pulau batam atau dari pulau bintan pelayaran tersedia setiap harinya menuju pulau singkep yaitu di pelabuhan Jagoh dabo singkep, selanjutnya pelayaran naik speed kecil ke pulau Mepar, kurang lebih sekitar 30 menit.

Pulau mepar populer dengan wisata sejarahnya, pulau mepar ini merupakan salah satu benteng pertanahan pada kejayaan kerajaan riau-lingga. benteng yang berada di pulau mepar berjumlah empat buah. yaitu benteng hilir, benteng lekok, benteng tanjung segi tiga dan benteng tengah. Benteng Lekok yang berada di atas bukit dan berhadapan langsung dengan tanjung buton pulau lingga yang dilengkapi dengan tujuh buah meriam. Ada juga sebuah komplek pemakaman bersejarah yang terletak di pulau mepar. Di komplek ini terdapat makam datuk kaya inu (Ino), tumenggung datuk kaya jamaluddin, datuk kaya montel, dan datuk kaya muhammad seman.

Sebanyak 200 kepala keluarga yang bermukim di pulau mepar, sampai saat ini masih tetap mempertahankan rumah singgah Bunda Tanah Melayu. Setiap wisatawan yang datang, tidak perlu menyewa kamar hotel ataupun penginapan lainnya. Warga setempat dengan senang hati memberikan rumahnya menjadi tempat tinggal bagi para wisatawan selama di pulau tersebut.

Bukan hanya itu warga pulau Mepar, yang merupakan warga asli Melayu ini, sampai saat ini masih mempertahan kan warisan orang tua angkat yang berarti setiap pendatang yang datang ke kampung mereka adalah anak mereka yang butuh tumpangan.

Demikianlah artikel Pulau Mepar Tanah Wisata Sejarah Indonesia ini kami rangkum dari berbagai nara sumber yang dapat di percaya sebagai bahan gambaran bagi wisatawan yang akan berkunjung ke pulau mepar. Semoga bermanfaat.

 
Top