-->

A+ A-

Pelabuhan/ jetty pulau benan
Pelabuhan/ jetty pulau benan
Pulau Benan merupakan pulau kecil di wilayah Negara kesatuan republic Indonesia, Tepatnya di kawasan kecamatan senayang, kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pulau Benan berbentuk seperti busur kecil yang memanah ke arah Laut Cina Selatan, berdekatan dengan Pulau Katang, Pulau Nopong dan Pulau Merodong mempunyai luas sekitar 190.625 Ha ( 1.906.250m2 ) dengan panjang pulau 412.500m.

Masyarakat Benan yang menetap di rumah rumah panggung sepanjang sisi barat pulau Benan sangat indah di pandang mata, Sebagian besar penduduk pulau Benan adalah suku melayu dan beberapa keluarga Suku Tiong Hoa. Selain menangkap ikan di laut penduduk pulau benan juga membuat keramba ikan, sebagian masyarakat lainnya mengolah hasil laut menjadi bentuk produk pangan lainnya, seperti kerupuk ikan, ikan teri Kering, cumi kering dan sebagainnya.

Pulau Benan merupakan destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan. Sajian utama Pulau Benan, adalah wisata bahari. Pantai dengan pasir putih dan lautnya biru yang jernih semakin eksotik oleh rindang dan liuknya ratusan batang bohon kelapa yang ditiup angin. Dengan ketenangan yang dimiliki pantai pulau benan sangat cocok untuk menyegarkan pikiran. Ketenangan pantai dan kecantikannya nan eksotis, menjadikan suasana pantai ini terasa tenang dan damai.

Kegiatan yang dapat dilakukan di pulau benan yaitu menyelam dan snorkeling, karena Pulau benan memiliki gelombang laut yang tenang. Para wisatawan dapat menikmati keanekaragaman bawah laut dengan berbagai macam spesies ikan dan terumbu karang. Selain itu. Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi melihat keindahan bawah laut dan tidak membawa perlengkapan snorkeling, Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat persewaan peralatan snorkeling maupun menyelam. .

Hotel / Penginapan Pulau Benan

Jika Anda ingin merasakan ketenangan yang lebih lama dan melihat matahari terbit maupun terbenam, Anda bersama keluarga dapat menyewa cottage yang telah disediakan di pulau Benan bagi para pengunjung di pulau ini. Penginapan di sini tidak jauh dari pelabuhan dimana tempat pertama kali datang ke Pulau Benan. Penginapan di sini sangat sederhana, denagn pemandangan tepi lautnya yang indah. Jadi hampir sama seperti di resort-resort mewah pinggir pantai.

Jarak Tempuh Pulau Benan

Pulau Benan merupakan pulau yang lokasinya cukup dekat dengan kota Tanjung pinang pulau bintan. Sehingga untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda cukup menggunakan kapal ferry dengan perjalanan kurang lebih sekitar 1 jam. Jika dari Pulau batam sekitar 2 jam. Namun apabila Anda memulai perjalanan dari kota Daik Pulau Lingga, Anda membutuhkan waktu selama kurang lebih 4 jam untuk bisa sampai ke pulau Benan.

Demikianlah Artikel Pulau Benan Indah Di Pandang Mata semoga bermanfaat. 

 
Top