-->

A+ A-

Halamankepri@: Destinasi 5 Pantai Unggulan Ini Hanya di Pulau Batam - Pantai atau yang juga sangat populer disebut beach adalah sebuah wilayah di pesisir diantara daratan dan laut, pantai secara geografis identik dengan banyak hal seperti: pasir, coral dan batuan karang. Mengingat pulau batam termasuk sebuah pulau di wilayah maritim yang dikelilingi oleh laut, tentunya salah satu destinasi di pulau batam yang banyak di kunjungi oleh masyarakat adalah pantai.

Berwisata kepantai menjadi salah satu alternatif sangat menyenangkan yang tanpa harus mengeluarkan biaya banyak, tidak perlu sampai mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah sehingga ramai orang yang menghabiskan waktu berliburnya ke pantai.
Pantai Nongsa Pulau Batam

Berikut di bawah ini beberapa pantai yang dapat anda kunjungi saat anda berada di pulau batam:

Pantai Nongsa, Nama pantai ini diambil berdasarkan nama seorang tokoh melayu yang sudah tersohor dan pertama kali mengembangkan wilayah pesisir pantai ini. Pantai nongsa lebih populer dikenal dengan sebutan Nongsa Tua oleh masyarakan setempat. Pantai nongsa sudah sejak lama menjadi tujuan objek wisata bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing yg berkunjung kepulau batam.

Pantai nongsa persis terletak di tepi selat Singapure atau yang lebih dikenal sebagai selat philif. Dari pantai nongsa ini wisatawan bisa melihat gedung-gedung menjulang tinggi di negeri singapura dan negara malaysia yang berada di seberang lautan. Wisatawan bisa menggunakan taksi dari bandara Hangnadim dengan waktu tempuh 30 minit atau taksi dari kota batam dengan waktu tempuh sekitar 40-50 menit, sedang dari Nagoya jaraknya berkisar sekitar 60 menit.

Pantai Sekilak, Pantai sekilak terletak di sebelah timur kota batam yang memiliki areal seluas kurang lebih sekitar 30 hektar yang merupakan kawasan bahari didalamnya terdapat beberapa areal lokasi seperti pantai berpasir putih dan bebatuan yang menjurus ke arah laut, terdapat tanjung mak dara, teluk penyu dan tanjung kedabang juga tersedia beragam permainan air (water spot).

Di kawasan pantai sakilak juga terdapat beberapa resor seperti Nongsa Point Marina, Turi Beach Resort dan Batam View Resort. Setiap akhir pekan biasanya resor-resor itu selalu ramai dikunjungi turis dari berbagai negara terutama negara tetangga indonesia seperti singapure serta malaysia. Pantai sekilak batam ini berjarak lebih kurang sekitar lima kilometer dari bandar internasional hang nadim dan sekitar delapan kilometer dari pelabuhan laut batam centre.

Pantai Dangas, Bukit Harimau adalah salah satu lokasi wisata pantai dangas diwilayah sekupang pulau batam, yang memiliki destinasi laut yang indah dan pinggiran pantainya berpasir putih serta view lautnya menghadap langsung negri jiran yaitu singapura, dimana setiap wisatawan yang berkunjung bisa melihat tingginya bangunan pencakar langit di singapure tersebut.

Ciri khas pantai di wilayah ini berbatu-batu kecil dan akan terlihat lebih luas bila air laut sudah surut. Pantai dangas ini berdekatan dengan kawasan resort-resort seperti, sijori, indah puri dan acacia. Pantai dangas bisa ditempuh selama 15 menit dengan sepeda motor dari jalan RE.Martadinata di sei harapan atau jalan yang menuju ke pelabuhan sekupang.

Pantai Tanjung Pinggir, Pantai tanjung pinggir bersih dan terawat, Pantainya yang landai dengan pasir yang berwarna krem kecoklatan membentang kurang lebih sekitar 300 meter dari arah timur ke barat.  Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat anda berada di pantai tanjung pinggir misalnya seperti berenang, bermain pasir, memancing, outbound dan berkemah, karena dikawasan ini tersedia area camping ground. Fasilitas lain ada kamar mandi untuk berbilas dan beberapa warung makan.

Pantai tanjung pinggir dengan hamparan laut birunya menghadap langsung dengan negara tetangga singapure menjadi daya tarik tersendiri, pemandangan gedung-gedung kembar tiga marina bay sands diseberang laut diteluk marina singapure tampak jelas. Lokasi pantai tanjung pinggir terletak berdekatan dengan sebuah resort KTM sekupang yang berdirinya patung raksasa dewi kwan im. Pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan sepeda motor maupun roda empat.

Pantai Marina, Pantai marina batam merupakan sebuah obyek wisata cukup strategis dengan diapit sebuah hotel resort mewah dan terminal ferry waterfront yang berfungsi untuk melayani jasa transportasi penyeberangan ke negara tetangga singapure menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari mancanegara. Dibeberapa kawasan pantai ini juga terdapat area permainan bagi para anak-anak, juga sebuah taman taman yang biasanya digunakan oleh fotografer untuk mengabadikan moment-moment seperti pra wedding dan lain-lain.

Di pantai marina juga tersedia bebagai macam makanan sepesial mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan seafood yang merupakan salah satu kuliner andalan di tepi pantai. Untuk sampai dipantai marina membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit jika anda dari pelabuhan batam centre. Belum ada angkutan umum khusus menuju pantai marina, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi, sewaan atau taxi.

Demikianlah beberapa pantai yang dapat kami rangkum saat ini untuk memudahkan anda dalam memilih milahnya sebagai lokasi tujuan berlibur. Sebenarnya masih banyak obyek-obyek wisata pantai lainya dikawasan pulau batam yang belum dapat kami sebutkan saat ini, Belum lagi di tambah pantai-pantai yang ada di pulau tonton, pulau nipah, pulau rempang, pulau galang dan pulau galang baru. Pulau-pulau yang kami sebutkan itu semuanya sudah dapat di kunjungi melalui jalan darat dari pulau batam sebab sudah terhubung oleh jembatan, masyarakat batam pada umumnya mengenal jembatan-jembatan penghung pulau itu sebagai jembatan Barelang.

 
Top