-->

A+ A-


Bandar Udara Letung Airport Pulau Jemaja
Halamankepri@: Bandar Udara Letung adalah bandar udara yang terletak di pulau Jemaja kabupaten Anambas provinsi Kepulauan Riau Indonesia (KEPRI). Kabupaten Kepulauan Anambas adalah daerah kepulauan, lebih kurang terdapat 255 pulau di kabupaten Anambas dengan ibukota kabupaten berada di Tarempa Pulau Siantan. Jarak tempuh antara kota Tarempa di Pulau Siantan dengan lokasi Bandar Udara Letung di Pulau Jemaja sekitar 2 jam perjalananan laut. Wilayah ini berada di Laut China Selatan yang berbatasan dengan Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Bandara Udara Letung yang terletak di alamat desa Bukit Padi pulau Jemaja di bangun pada tahun 2014, bandara ini mempunyai panjang landasan 1.430 meter untuk selanjutnya di proyeksikan hingga 1.650.  dan sudah mulai di operasikan pada 22 November 2016. Penerbangan  perdana dengan menggunakan pesawat Dornier 228 oleh maskapai Susi Air. Saat ini Susi Air masih melakukan penerbangan perintis satu kali per minggu pada hari Jumat. Selain itu, landasan pacu bandara juga telah berhasil di ujicoba untuk operasional pesawat Kingair Beechcraft pada tanggal 11 Februari 2017 dan pesawat Cessna Grand Caravan tanggal  17 Februari lalu.

Pesawat Susi Air Saat Mendarat di Bandara Udara Letung Pulau Jemaja

Bapak Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris menyampaikan Bandar Udara Letung akan sangat membantu mendorong perekonomian di wilayah kabupaten Anambas, utamanya di sektor pariwisata. Salah satu destinasi wisata yang potensial berkembang adalah Pulau Bawah. Di pulau tersebut, telah dikembangkan resort dengan fasilitas yang sangat memadai. "Kami juga akan mengembangkan wilayah lain di sekitarnya, sehingga Anambas akan menjadi tujuan wisata dengan  akses transportasi yang mudah, "jelas bupati.

Saat ini Bandar Udara Letung di pulau jemaja juga sudah di lengkapi pasilitas seperti: gedung terminal, gedung administrasi, klinik kesehatan, ruang operasi, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Pemadam Kebakaran (PKP-PK), gedung kelistrikan, ground support equipment dan gedung VIP.

Kehadiran Bandar Udara Letung Airport Anambas di Pulau Jemaja merupakan bentuk perwujudan nyata dari pemerintah bagi masyarakat daerah terluar di Indonesia, membuka keterisolasian masyarakat di wilayah kepulauan, menjaga pertahanan dan keamanan NKRI, membuka perekonomian dan fungsi kemanusiaan. Di wilayah Kabupaten Anambas saat ini telah memiliki dua lokasi Airport/bandara Udara yang terletak di Pulau Jemaja dan Pulau Matak.

Sekian yang dapat Halamankepri sampaikan semoga artikel ini dapat memberi manfaat sebanyak banyaknya untuk pengetahuan kita bersama. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu Artikel ini.

(tag # bandar jemajaisland letung island anambas airport bandara udara)

 
Top